Materi 9: Penilaian Prestasi Kerja


Materi 9: Penilaian Prestasi Kerja


Soal Pilihan Ganda
1.      suatu cara dalam melakukan evaluasi terhadap prestasi kerja para pegawai dengan serangkaian tolok ukur tertentu yang obyektif dan berkaitan langsung dengan tugas seseorang serta dilakukan secara berkala. Merupakan pengertian dari...
A.    Mutasi
B.     Promosi
C.     Penilaian Prestasi Kerja
D.    Evaluasi
JAWABAN: C

2.     Dibawah ini merupakan tujuan dari penilaian prestasi kerja (PPK) kecuali...
A.    Perencanaan karier
B.     Evaluasi dan pengembangan Diklat
C.     Promosi
D.    Semua Jawaban Salah
      
JAWABAN: A 

3.      Dibawah ini yang menjadi obyek penilaian prestasi kerja karyawan adalah, sebagai berikut kecuali...
A.    Hasil kerja individu
B.     Perilaku
C.     Sifat
D.    Uang
JAWABAN: D

4.      Dibawah ini yang bukan metode penilaian yang berorientasi masa lalu adalah...
A.    Metode skala grafik dengan rating
B.     Metode checklist
C.     metode tes psikologi
D.    metode esai
JAWABAN: C

5. Dibawah ini metode yang berorientasi masa depan, kecuali....
A.    Metode Skala Grafik dengan Rating
B.     Pusat Penilaian
C.     Metode Tes Psikologi
D.    MBO
 JAWABAN: D


Soal Essay
1.      Sebutkan dan jelaskan metode penilaian yang berorientasi masa depan
JAWABAN:
a.       Penilaian diri: metode ini menekankan adanya penilaian yang dilakukan karyawan terhadap diri sendiri dengan tujuan melihat potensi yang dapat dikembangkan dari diri mereka.
b.      Tes Psikologi: Biasanya dilakukan dalam bentuk wawancara mendalam, tes psikologi, diskusi, review terhadap hasil evaluasi pekerjaan karyawan. Tes ini dilakukan oleh psikolog untuk mengetahui potensi karyawan yang dapat dikembangkan dimasa datang.
c.       Management By Objective (MBO) : sistem yang menggambarkan kajian tentang target/sasaran yang hendak dicapai berdasarkan kesepakatan antara supervisor dan bawahannya.
d.      Pusat Penilaian: Merupakan lembaga pusat penilaian prestasi kerja, dimana lembaga tersebut berfungsi melakukan penilaian prestasi kerja terhadap karyawan suatu perusahaan.

2.      Sebutkan 3 kesalahan dalam penilaian...
JAWABAN:
·         Hallo Effect dan Horn Effect
·         Kecenderungan menilai rata-rata cukup atau menengah
·         Adanya kemurahan hati

3.      Sebutkan tujuan dari penilaian prestasi kerja
JAWABAN:
·         Peningkatan Imbalan
·         Feed back/ umpan balik bagi pegawai yang bersangkutan
·         Promosi
·         PHK atau pemberhentian sementara
·         Melihat potensi kinerja pegawai
·         Evaluasi terhadap tujuan organisasi
·         Perencanaan karier

4.      Sebutkan dan Jelaskan obyek penilaian prestasi kerja
JAWABAN:
a.       Hasil kerja individu : Jika mengutamakan hasil akhir, maka pihak manajemen melakukan penilaian prestasi kerja dengan obyek hasil kerja individu. Biasanya berlaku pada bagian produksi dengan indikator penilaian output yang dihasilkan, sisa dan biaya per-unit yang dikeluarkan.
b.      Perilaku: Untuk tugas yang bersifat instrinsik, misalnya sekretaris atau manajer, maka penilaian prestasi kerja ditekankan pada penilaian terhadap perilaku, seperti ketepatan waktu memberikan laporan, kesesuaian gaya kepemimpinan, efisiensi dan efektivitas pengambilan keputusan, tingkat absensi.
c.       Sifat : Merupakan obyek penilaian yang dianggap paling lemah dari kriteria penilaian prestasi kerja, karena sulit diukur atau tidak dapat dihubungkan dengan hasil tugas yang positif, seperti sikap yang baik, rasa percaya diri, dapat diandalkan, mampu bekerja sama.

5.      Jelaskan apa yang dimaksud metode Checklist
JAWABAN:
Metode checklist adalah metode PPK dengan cara memberi tanda (V) pada uraian perilaku negatif atau positif pegawai/karyawan yang namanya tertera dalam daftar. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Bisnis Online Shop Marketing (Pengantar Bisnis tugas 2)

Makalah Pengantar Bisnis

Tugas 1 (makalah kelompok 7. Perencanaan dan pengembangan karier)