Makalah Pengantar Bisnis



MAKALAH PENGANTAR BISNIS

OLEH
VINCENSIA LEONI OKTAVIA
27216547

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
KATA PENGANTAR
        Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya yang begitu besar dapat membantu penulis dalam menyelesaikdapat membantu penulis dalam menyelesaikan makalah “Pengantar Bisnis”. Dan tak lupa, penulis berterima kasih kepada Ibu Fitria selaku Dosen mata kuliah Pengantar Bisnis di Universitas Gunadarma yang telah memberikan penulis tugas yang bermanfaat ini.
Dalam makalah ini, penulis membahas tentang pengertian bisnis menurut para ahli, jenis dari bisnis, tujuan kebijakan bisnis dan yang terakhir adalah alasan mengapa harus belajar bisnis. Ucapan terima kasih pun tidak lupa kami ucapkan kepada pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini yang tidak dapat disebutkan satu per satu.
        Penulis berharap agar makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan pembaca mengenai Bisnis. Penulis  menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu masukan berupa kritikan dan saran sangat penulis harapkan demi penyempurnaan makalah ini. Akhir kata, kiranya makalah ini dapat berguna dan bisa menjadi pedoman bagi mahasiswa untuk dapat mempelajari serta memahami tentang Bisnis. Sekian dan terima kasih.

                                                                                            Depok, 2 Oktober 2016
                                                                                                        Penulis





DAFTAR ISI

Kata Pengantar ..................................................................................................... 2
Daftar Isi .............................................................................................................. 3
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................... 4
1.1       Latar Belakang ............................................................................................ 4
1.2       Rumusan Masalah ....................................................................................... 4
1.3       Tujuan Penulisan ......................................................................................... 5
1.4       Metodologi Penulisan .................................................................................. 5
 BAB II PEMBAHASAN ..................................................................................... 6
2.1 Pengertian Bisnis secara Umum ..................................................................... 6
2.2 Pengertian Bisnis menurut para Ahli .............................................................. 7
2.3 Tujuan Bisnis .................................................................................................. 8
2.4 Fungsi Bisnis .................................................................................................. 9
2.5 Elemen – elemen Bisnis ................................................................................. 10
2.6 Aspek Bisnis ................................................................................................... 11
2.7 Faktor yang Mempengaruhi Bisnis ................................................................. 11
2.8 Analisis Bisnis ...............................................................................................  12

BAB III PENUTUP .............................................................................................. 14
.
3.1 Kesimpulan ..................................................................................................... 14
3.2 Saran dan Kritik .............................................................................................. 14
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang
Bisnis merupakan aktivitas yang selalu ada di sekitar kita dan dikenal oleh kaum muda hingga kaum tua. Pada era globalisasi ini, masyarakat Indonesia khususnya kepada mahasiswa, masih mengalami kebingungan dengan manfaat dan tujuan dari bisnis tersebut. Bangsa Indonesia sudah terbukti memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah jika saja masyarakat ikut berperan aktif dalam memanfaatkan setiap kekayaan alam dengan bijaksana. Dengan bijaksana, kita dapat membangun Indonesia menjadi negara maju. Namun seringkali Indonesia dilanda dengan musibah keterpurukan ekonomi, kemiskinan, dan korupsi yang masih berkembang terus – menerus.
Dilihat dari pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia saat ini, jumlah pengangguran  di Indonesia menduduki angka fantastis. Namun, pemerintah belum bisa mengatasi masalah tersebut secara menyeluruh. Dengan semakin bertambahnya teknologi di era-moderenisasi ini, manusia dituntut dengan gaya hidup yang serba praktis dan mudah dalam menjalani kegiatan sehari – hari. Dan hal praktis yang dapat kita temui melalui makanan atau sering disebut junk-food, makanan cepat saji yang digemari masyarakat karena tidak perlu menunggu lama sebab bagi masyarakat waktu sangatlah penting oleh sebab itu manusia menjadi lupa dalam memahami makanan yang mereka makan termasuk dalam kategori makanan sehat atau tidak.
Maka dari itu, penulis ingin membahas makalah yang mengusung tema “Menganalisa Berbisnis di Kalangan Kaum Muda Indonesia”. Penulis berusaha menyusun makalah ini dengan semenarik mungkin agar masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar lainnya dapat menyukai dan menambah ilmu dengan membaca makalah ini. Sehingga, mahasiswa dapat mengenal dan mengerti wawasan mengenai bisnis.
1.2 Rumusan Masalah
Masalah yang dibahas dalam makalah ini mnegenai rumusan masalah tentang Pengantar Bisnis yaitu :
1.1.1  Pengertian Bisnis secara umum.
1.1.2  Pengertian Bisnis menurut para ahli.
1.1.3  Tujuan Bisnis.
1.1.4  Fungsi Bisnis.
1.1.5  Elemen – elemen Bisnis.
1.1.6  Aspek dari tujuan bisnis itu sendiri.
1.1.7  Faktor yang mempengaruhi bisnis.
1.1.8  Analisa dari alasan pembelajaran bisnis.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan dalam makalah ini adalah :
1.3.1 Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis yang bermuatan –
         Softkill.
1.3.2 Untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai materi pengantar-
           Bisnis.
 1.4 Metodologi Penulisan
        Untuk mempermudah dan membantu kelancaran penulis yang dilaksanakan, maka  penulis menggunakan metode kepusakaan, yakni :
a.           Penulis mencari berbagai referensi buku sebagai sumber penulis untuk membuat makalah ini.
b.           Penulis juga mencari sumber lainnya melalui situs – situs internet.

BAB II
PEMBAHASAN
 
2.1 Pengertian Bisnis secara Umum
   Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
        Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
2.2 Bisnis menurut para Ahli
Berikut beberapa pengertian bisnis menurut beberapa tokoh diantaranya :
a.           Menurut Brown dan  Petrello          :
“Business is an institution which produces goods and  services demanded by people”, yang berarti bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sambil memperoleh laba. (1976)
     b. Menurut Steinford                           :
“Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”, yang berarti bisnis sebagai aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. (1979)
c. Menurut Griffin dan Ebert                      :
“Business is an organization that provides goods or services in order to earn provit”  yang berarti bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). (1996)
d. Menurut Hughes dan Kapor                   :
“Business is the organized effort of individuals to produces and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general terms business refer to all such efforts within a society or within a industry”, yang berarti bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang  terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri.

e. Menurut Allan Afuah                               :
Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004)
f. Menurut Glos, Steade dan Lowry           :
Bisnis merupakan jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standart serta kualitas hidup mereka.
g. Menurut Musselman dan Jackson          :                               
Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.
2.3 Tujuan Bisnis
Pada umumnya tujuan didirikannya bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi :
1.        Profit
2.        Pengadaan barang atau jasa
3.        Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
4.        Full employment
5.        Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
6.        Kemajuan atau pertumbuhan
7.        Prestise dan prestasi
Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :
1.        Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
2.        Untuk memakmurkan keluarga
3.        Ingin namanya dikenal banyak orang
4.        Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
5.        Ingin mencoba hal yang baru
6.        Ingin memanfaatkan waktu luang
7.        Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain
8.        Ingin mendapatkan simpati, dsb.

2.4 Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis terbagi menjadi dua yakni menurut  tokoh dan fungsi dalam mikro dan   makro yakni :
a.  Menurut Steinhoff (1979:17), fungsi yang dilakukan oleh aktivitas bisnis dapat dikelompokkan ke dalam tiga fungsi dasar, yaitu :
1.      Acquiring Raw Materials ( Memperoleh bahan baku )
Dalam membuat roti kita memerlukan tepung terigu untuk membuatnya, membuat lemari kita juga memerlukan kayu untuk membuatnya, dan dalam membuat buku tulis kita memerlukan dahan untuk dapat membuatnya.
2.      Manufacturing Raw Materials into Products
Setelah bahan baku yang kita peroleh nanti akan diolah menjadi sebuah produk.
misalnya : dalam membuat roti, tepung terigu diubah menjadi roti dengan berbagai-
                  rasa.

3.      Distributing Products to Consumers
Produk yang dihasilkan lalu di distribusikan kepada konsumen.
                  1. Fungsi mikro bisnis
Konstribusi terhadap pihak yang berperan langsung, yakni :
a.       Pekerja atau Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kinerjanya, sedangkan manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan dengan omzet penjualan dan laba.
b.      Dewan Komisaris
Mengawasi dan memantau kegiatan manajemen dan memastikan berjalannya kegiatan hingga mencapai tujuan perusahaan.
c.       Pemegang Saham
Investor memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap suatu perusahaan.
2.  Fungsi makro bisnis
a.       Masyarakat Sekitar Perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
b.      Bangsa dan Negara
Bertanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk membayar pajak.

2.5 Elemen - Elemen Bisnis
Elemen – elemen bisnis terbagi menjadi empat, yaitu :
1.      Modal ( Capital )
Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.      Bahan-bahan ( Materials )
Factor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3.      Sumber Daya Manusia ( SDM )
Kualifikasi SDM yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.      Keterampilan Manajemen ( Management Skill )
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.

2.6 Aspek Bisnis
Aspek bisnis terbagi menjadi empat yaitu:
1.      Kegiatan individu dan kelompok
2.      Penciptaan nilai
3.      Penciptaan barang dan jasa
4.      Keuntungan melalui transaksi


2.7  Faktor yang Mempengaruhi Bisnis
Terdapat tiga faktor yang menentukkan iklim bisnis, diantaranya :
a.      Investasi
Penggunaan sumber-sumber untuk menciptakan modal baru.
b.      Tabungan
Jumlah yang diputuskan oleh para pekerja untuk ditabung akan menentukan kuat lemahnya multiplier tersebut. Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut.
c.       Pemerintah
Pemerintah berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Pemerintah memiliki dua kebijaksanaan yang dapat mempengaruhi bisnis, yaitu :
1.      Kebijaksanaan Fiskal
Kebijaksanaan yang digunakan umtuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak (mengurangi permintaan) atau meningkatkan pengeluaran pemerintah (meningkatkan permintaan)
2.      Kebijaksanaan Moneter
Kebijaksanaan yang berkaitan dengan pengelolaan supply (penawaran) uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan.

2.8 Analisis Bisnis

       Dalam kehidupan sehahri – hari, banyak hal yang kita lakukan sebagai manusia merupakan bisnis. Meskipun kadang bisnis tersebut disebut dengan bisnis kecil. Seperti pada pengalaman yang penulis lakukan dalam kehidupan penulis sendiri. Penulis belajar berbisnis dimulai sejak berada di Sekolah Dasar (SD), saat itu penulis berjualan pensil kepada teman – teman penulis dengan sistem memasarkan langsung kepada teman – teman penulis dengan menuturkan secara lengkap dan jelas tentang pensil yang penulis jual. Meskipun memang keuntungan yang didapat sangatlah kecil, tapi penulis tetap giat berjualan. Namun dengan berjalannya waktu, kegiatan berjualan pensil tersebut sudah penulis berhentikan karena penulis sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar.
        Kemudian, saat penulis memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP) kegiatan berbisnis dimulai lagi saat menjelang hari Valentine pada 14 Februari. Pnulis sudah memasarkan dan menawarkan coklat semenjak awal Februari dengan cara penulis susun daftar harga beserta contoh foto coklat itu sendiri. Harga mulai dari RP 6000 – 45000 rupiah. Laba yang penulis raih lebih besar dibandingkan saat berjualan pensil saat Sekolah Dasar. Kegiatan bisnis ini, penulis lakukan saat menjelang hari Valentine saja karena penulis tidak mau konsentrasi penulis terbagi dengan berbisnis di sekolah.
        Saat memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA), penulis mulai lagi berjualan pulsa pada kelas 11. Minat akan pulsa sangat besar di sekolah, karena memang jarang sekali ada yang berjualan terutama pulsa. Namun tak jarang ada hutang dan membuat keuangan susah untuk diputar, maksudnya adalah susah untuk diolah lagi dalam mengisi saldo pulsa karena uang masih tertahan diluar dan belum masuk pada kas. Tetapi di balik itu semua, bisnis ini berhasil, bukan hanya dalam meraup laba yang cukup besar namun berhasil dalam proses pemasaran dimana setiap kalangan baik itu  adik kelas maupun guru mengetahui bahwa penulis berjualan pulsa. Tak jarang juga jika penulis sering dipanggil ke ruangan guru hanya untuk bertemu guru yang ingin mengisi pulsa. Tetapi dalam membangun sebuah bisnis memang dibutuhkan modal. Ada yang modalnya kecil dan ada juga yang besar tergantung pada jenis dari usaha yang akan ditekuni. Dengan modal RP 100.000 rupiah, penulis dapat meraih keuntungan diatas modal tersebut hanya dalam 2 minggu. Dan bagi seorang pelajar, laba tersebut termasuk jumlah yang besar.  Tapi, usaha penulis lagi – lagi terhenti karena uang modal dan laba penulis tidak sengaja terjatuh di jalan, yang membuat penulis menyesal karena ceroboh. Dan hal itulah salah satu alasan penulis berhenti berjualan pulsa.
        Memang betul, dalam menjalani sebuah bisnis butuh ketekunan dalam menjalankannya, termasuk juga kita harus turun tangan dalam arti memantau keadaan bisnis yang kita jalani tersebut agar kita bisa mengetahui situasi dan kondisi. Terlebih juga kita harus mengerti keinginan pasar dalam masyarakat, agar usaha yang kita jalankan dapat berjalan dengan lancar.
 Jatuh bangun dalam sebuah bisnis memang hal yang wajar, kita hanya perlu untuk terus bangun dan pantang menyerah. Karena setiap kita terjatuh, kita belajar kembali untuk berkarya yang lebih baik agar konsumen semakin menambah minat dalam bisnis yang kita jalani.
Berdoa juga termasuk hal yang wajib bagi kita manusia, agar usaha yang kita jalani dengan positif dapat direstui oleh Tuhan Yang Maha Esa.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dari analisis diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis itu tidak mudah kita harus memahami terlebih dahulu apa saja komponen-komponen yang ada di dalam bisnis. Sehingga kita tidak mengalami kerugian atau gulung tikar dari usaha yang kita jalankan. Dan penulis berharap agar pada saat menjalani bisnis, bukan lada yang menjadi utama namun kualitas yang diberikan kepada konsumen yang lebih diutamakan, karena kepuasan dari konsumen merupakan suatu keutungan bagi kita yang menjalani bisnis tersebut.


3.2           Saran dan Kritik
Adapun saran yang penulis berikan kepada pembaca, diantaranya :
§  Para pembaca dapat lebih memahami dan memaknai pentingnya belajar bisnis
§  Bagi generasi muda, khususnya mahasiswa mulailah berbisnis dari hati dan secara  tekun
§  Dalam melakukan atau menjalankan bisnis bagi pemula kita dapat bertanya kepada pembisnis atau pengusaha yang sudah sukses dalam dunia bisnisnya.

Demikianlah makalah mengenai bisnis yang dapat penulis sampaikan, penulis berharap  kepada pembaca agar dapat memberikan penulis kritikan maupun masukkan yang positif demi penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini memberikan faedah bagi kita semua.



DAFTAR PUSTAKA

Widyatmini.1996.DiktatPengantarBisnis.Gunadarma:Jakarta.
DH Basu Swastha DR.1998.PengantarBisnisModern.Liberty:Yogyakarta.
Solihin Ismail.2006.PengantarBisnis.PrenadaMedia:Jakarta.
Zamroni M.2009.Buku Kantong Ekonomi IPS.Pustaka Widyatama:Yogyakarta.

Komentar

  1. terimakasih sangat bermanfaat blognya
    My blog

    BalasHapus
  2. https://businesct.hatenablog.com/ kak tolong mampir ya kak

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat banget.

    oh ya saya juga ada informasi lhoo, kalau mau cari model batik couple bisa kunjungi batikcouplesurakarta.com

    koleksi batik couple kondangan terbaru cukup lengkap

    BalasHapus
  4. kalo model bisnis ini http://bit.ly/39Iw3N0 kedepan prospeknya gimana ya kak? banyak banget yang coba model bisnis seperti ini, jagu ragu nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Bisnis Online Shop Marketing (Pengantar Bisnis tugas 2)

Tugas 1 (makalah kelompok 7. Perencanaan dan pengembangan karier)