Makalah Bisnis Online Shop Marketing (Pengantar Bisnis tugas 2)



MAKALAH PENGANTAR BISNIS



OLEH

VINCENSIA LEONI OKTAVIA
1EB13
27216547


FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK

KATA PENGANTAR
        Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya yang begitu besar dapat membantu penulis dalam menyelesaikdapat membantu penulis dalam menyelesaikan makalah “Bisnis Online Shop Marketing”. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas matakuliah “Pengantar Bisnis”. Dan tak lupa, penulis berterima kasih kepada Ibu Fitria selaku Dosen mata kuliah Pengantar Bisnis di Universitas Gunadarma yang telah memberikan penulis tugas yang bermanfaat ini.
Meskipun dalam penyusunan makalah ini penulis banyak menemukn hambatan dan kesulitan, tetapi karena motivasi dan dorongan dari berbagai pihak akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Ucapan terima kasih pun tidak lupa kami ucapkan kepada pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini yang tidak dapat disebutkan satu per satu.
 Penulis berharap agar makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan pembaca mengenai Bisnis. Penulis  menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu masukan berupa kritikan dan saran sangat penulis harapkan demi penyempurnaan makalah ini. Akhir kata, kiranya makalah ini dapat berguna dan bisa menjadi pedoman bagi mahasiswa untuk dapat mempelajari serta memahami tentang Bisnis. Sekian dan terima kasih.





                                                                                            Depok, 18 Oktober 2016


                                                                                                        Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ....................................................................................................... 2
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................................. 4
1.1  Latar Belakang ................................................................................................ 4
1.2  Rumusan Masalah ........................................................................................... 6
1.3  Tujuan Penulisan ............................................................................................. 6
1.4  Metodologi Penelitian ..................................................................................... 7
BAB II ISI ......................................................................................................................... 8
            2.1 Pengertian Bisnis ............................................................................................ 8
            2.2 Tujuan Bisnis .................................................................................................. 8
            2.3 Internet Marketing .......................................................................................... 8
            2.4 Pengertian Online Shop .................................................................................. 9
            2.5 Elemen dalam Bisnis ...................................................................................... 10
            2.6 Cara Sukses Usaha Bisnis Online Shop ......................................................... 10
            2.7 Para Pelaku Bisnis Online .............................................................................. 12
            2.8 Kelebihan dan Kemudahan Bisnis Online ..................................................... 12
            2.9 Kekurangan dan Kelemahan Bisnis Online ................................................... 13
            2.10 Cara Memastikan sebuah Online Shop ........................................................ 13
BAB III ANALISIS ......................................................................................................... 14
BAB IV PENUTUP ......................................................................................................... 16
            4.1 Kesimpulan .................................................................................................... 16
            4.2 Saran .............................................................................................................. 17
DAFTAR PUSTAKA






















BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada era yang modern ini, sudah banyak perkembangan yang dapat kita lihat saat ini. Salah satunya ialah penggunaan SMARTPHONE yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.  Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini.  Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.
        Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu,  tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar, foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi kami masing – masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.
Bisnis Online saat ini bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kita yang kesehariannya terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Apapun definisi yang diberikan untuk Bisinis Online ini, yang jelas pelaku bisnis ini memperolah keuntungan dari adanya internet.

Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis onlineadalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer.Saya sendiri cenderung lebih setuju apabila Bisnis Online didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi hingga mobil.
Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.
Bahkan yang luar biasa adalah, jika kita memiliki kemampuan memasarkan di internet, sangat terbuka kesempatan luas untuk dapat membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata Online menurut kamus.web.id adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan. 
Banyak dan banyak sekali alternatif bisnis online tempat kita memperoleh pundi – pundi rupiah dari bisnis online. Sebagai contoh jika anda bisa melakukan kegiatan klik – klik iklan yang disediakan oleh pihak Advertiser maka anda lebih cocok mendalami bisnis Paid To Click (PTC). Jika anda mempunya skill dalam menjual barang dan jasa maka bisnis Affiliasi atau Reseller sangat cocok untuk anda. Pintar meracik dan mengembangkan blog maka Bisnis Paid Per Click (PPC) bisa anda gunakan untuk meramaikan blog anda.  Pintar merayu downline, MLM Online cocok buat anda. Dan masih banyak lainnya yang bisa anda coba.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari bisnis ?
2.      Apa tujuan dari bisnis ?
3.      Apa yang dimaksud dengan internet arketing ?
4.      Apa arti dari online shop ?
5.      Apa sajakah elemen dari bisnis ?
6.      Bagaiama cara sukses berbisnis online ?
7.      Siapa sajakah pelaku bisnis online ?
8.      Apa kelebihan dan kemudaha bisnis online ?
9.      Apa kekurangan dan kelemahan bisnis online ?
10.  Bagaimana cara untuk memastkan sebuat online shop ?

1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui perkembangan bisnis di dunia yang semakin modern oleh pengaruh teknologi. Dan hal ini dapat dimaknai bahwa bisnis bisa dimulai kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Dengan berbagai teknologi sekarang ini, contohnya seperti smartphone, seseorang bisa memulai berwirausaha melalui media sosial yang juga banyak digunakan oleh masyaraat sekarang ini. Tujuan penulisan ini juga bermanfaat agar dapat menambah wawasan dalam mengikuti perkembangan teknologi.

1.4       Metodologi Penelitian
        Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode observasi, kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah penulis dapat mengetahui gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta gejala yang sudah diteliti.


BAB II
ISI


2.1 Pengertian Bisnis
 Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.

2.2 Tujuan Bisnis
Dalam berbisnis atau berwirausaha ,berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.

  2.3 Internet Marketing
Pada dasarnya antara Bisnis Online dan Internet Marketing mempunyai kesamaan arti atau makna yang sama yakni sama – sama memiliki tujuan untuk memperoleh penghasilan melalui dunia maya. Namun untuk Internet Marketing lebih berorientasi terhadapat ilmunya atau teknik – teknik mendapatkan uang dari bisnis online tersebut.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Internet Marketing adalah suatu ilmu wajib yang digunakan bagi setiap orang yang ingin mengembangkan usaha atau meraih penghasilan dari internet. Dengan mengetahui cara dan strategi internet marketting yang tepat maka Anda akan mengerti dasar dari pemasaran melalui media internet.
Sebagai contoh apabila anda mempunyai skill atau kemampuan menjual produk – produk dari produsen atau lebih familiarnya Affiliasi. Maka anda pastinya membutuhkan apa yang namanya tempat atau wadah untuk berpromosi. Kemudian anda membuat sebuah blog atau web dan anda kembangkan blog tersebut dengan berbagai teknik untuk mendatangkan pengunjung supaya mereka (pengunjung) membeli produk dari anda. Dengan membuat dan mengembangkan blog inilah anda sudah menerapkan teknik dari Internet Marketing. Dan masih banyak teknik Internet Marketing lainnya tidak hanya dengan membuat dan mengembangkan blog, saya beri contoh dengan berpromosi melalui forum – forum, melalui jejaring sosial, website iklan baris, chat online, dsb.
2.4 Pengertian Online Shop
Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop.
Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000-an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.


2.5 Elemen dalam Bisnis
Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat, yaitu :
1.  Modal (Capital)
        Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2.  Bahan-bahan (Materials)
Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untukdiolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3. Sumber Daya Manusia ( SDM)
        Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4.  Keterampilan Manajemen ( Management Skill)
        Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen
 2.6 Cara Sukses Usaha Bisnis Online
Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara sukses usaha bisnis online. Adapun dalam tulisan ini akan dipaparkan 10 cara sukses bisnis online yang tentunya akan sangat bermanfaat Anda baca:

1. Tentukan Tujuan
Dalam menentukan tujuan ini, Anda harus terlebih dahulu memikirkan sebuah tujuan, tentang sektor bisnis online apa yang akan hendak dilakoni. Sebagai contoh bisnis online jualan baju lewat Facebook, binsin online membuat Blog, bisnis online melalui Twitter dan lain sebagainya. Dengan memantapkan tujuan bisnis online, tentunya akan mempengaruhi keberhasilan usaha online yang akan dilaksanakan nantinya.
2. Riset Pasar
Memulai bisnis online sesuai minat merupakan hal yang baik. Dan akan lebih baik jika sebelumnya diikuti dengan riset. Melakukan riset pasar adalah cara untuk mengendus seberapa baik potensi pasar.
3. Jangan Ditunda
Jika sudah punya tujuan Bisnis Online maka segera lakukan, laksanakan. Jangan ditunda-tunda. Sebab sering kejadian sesuatu yang ditunda akhirnya tidak jadi dilaksanakan. Apalagi kalau sudah punya ide, langsung laksanakan jangan ditunda.
4. Lakukan Bertahap
Menjalankan bisnis online bukan kerja semalam. Namun merupakan kerja yang membutuhkan konsistensi dan dilakukan secara terus menerus. Pebisnis online selalu punya langkah lanjutan untuk membuat bisnis onlinenya lebih sukses.
5. Perluas Jaringan
Teman, kawan dan jaringan merupakan kepanjangan tangan dari pengaturan rejeki yang sudah diatur oleh Tuhan. Makin banyak jaringan anda, makin banyak pintu rejeki akan mengalir pada anda.
6. Marketing
Marketing atau pemasaran adalah penggerak dari segala jenis bisnis di dunia ini, termasuk di bisnis online. Di dunia Bisnis manapun Marketing adalah pendukung utama penjualan, jangan bosan untuk melakukan Marketing. Perusahaan yang sudah besar sekalipun tidak bosan-bosan melakukan Marketing.
7. Berani Ambil Resiko
Yang namanya Resiko disetiap kegiatan apapun selalu ada, baik resiko terbaik maupun resiko terburuk. Tinggal bagaimana kita memandang resiko terutama resiko yang buruk. Kata para ahli orang yang sukses adalah orang yang berani ambil resiko.
8. Harus Fokus
Jangan mudah berpindah arah. Tetap fokus dengan bisnis online anda. Ada banyak “godaan” di bisnis online, dan di sini FOKUS anda diuji.

10. Jangan Bosan
Mungkin ada saatnya anda mengalami kebosanan saat harus menjalankan ini itu agar bisnis online anda tetap berjalan. Bosan merupakan sifat yang sangat manusiawi. Namun untuk berhasil anda harus bisa mengalahkan sifat mudah bosan. Yang namanya hidup ini adakalanya kita merasa bosan, makan saja kadang bosan. Tapi rasa bosan jangan dibiarkan, cari variasi lain biar nggak bosan

2.7 Para Pelaku Bisnis Online
              1.    Owner: sebagian orang yang memiliki produk atau jasa.
              2.    Marketer: mereka-mereka yang mempunyai keahlian dalam memasarkan sebuah  -
                     Produk tanpa memiliki produk tersebut.
              3.    Publisher: sebagian orang yang mempunyai web/blog dengan menyediakan ruang
                     Sebagai tempat produksi produk.

2.8 Kelebihan dan Kemudahan Bisnis Online
Memang bisnis online memiliki lebih kemudahan tertentu. Seperti misalnya kemudahan karena kita tidak perlu keluar capek-capek menuju tempat belanja untuk membeli sesuatu. Kita hanya butuh membuka toko online, kemudian melihat-lihat barangnya dan kemudian mengadakan pemesanan. Terkadang juga barang yang Anda cari-cari bisa Anda temukan di toko online daripada offline.

Peluang
Bisnis internet memang sedang naik daun, sehingga banyak orang mencoba ikut dalam kemeriahan ini. Namun tidak sedikit yang kebingungan mau bisnis.Peluang usaha yang gampang dilakukan biasanya pasti tidak membutuhkan modal besar. Cara Strategi Pemasaran Bisnis Online. Pemasaran berbagai usaha dan bisnis telah secara langsung terpengaruh oleh revolusi digital dalam berbagai cara.

Ancaman
Banyak entrepreneur yang berpikir bahwa ancaman terbesar dalam berbisnis adalah para pesaing yang berada di ceruk pasar yang sama dengan yang mereka terjuni. Mereka juga kadang berpikir ancaman terbesar adalah ketidakpedulian konsumen terhadap produk dan layanan yang mereka luncurkan. Tetapi tak banyak yang menyadari bahwa kesuksesan juga menjadi satu faktor ancaman yang perlu diperhitungkan



2.9 Kekurangan dan Kelemahan Bisnis Online
Namun, bisnis online tetap memiliki kelemahan. Kelemahannya yaitu tentang penipuan dan barang yang tidak sesuai keterangan (eror). Hal ini menjadi faktor yang membuat para pelanggan takut untuk membeli secara online. Biasanya eror yang sering terjadi yaitu barang yang tidak sesuai dengan gambar atau keterangan. Oleh karena itu, kita tetap perlu berhati-hati dan sangat 
Resiko Bisnis Online : Resiko penipuan Tidak Ada Order / Produk Tidak Laku Kasus Ambil Alih Konsumen Pada DROP SHIPPING Marketing Terlalu Berlebihan Diatas Kualitas Produk Order Meningkat Pesat Sampai Tidak Terlayani

2.10 Cara Memastikan sebuah Online Shop
Saat ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan belanja online (online shop) ini. Berikut tips tips cara memastikan keaslian sebuah online shop :  
a)    Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko tersebut. Jika diberikan alamat yang jelas coba lacak menggunakan Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.
b)    Tanyakan apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih baik tidak perlu ada transaksi.
c)    Bila lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening bersama. Jika pemilik toko enggan menggunakan rekening bersama, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin.
d)    Coba cari nomer telepon yang tertera di toko tersebut di Google. Biasanya dengan begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah ditipu. 


BAB III
ANALISIS

        Di jaman yang serba maju sekarang ini, banyak yang menggunakan media sosial sebagai tempat berbisnis. Hal itu dilakukan karena modal yang dikeluarkan tidak begitu besar tapi peluang usaha tersebut itu untuk berhasil sangat besar asalkan kita lebih mengutamakan kenyamanan dan kualitas barang yang di jual kepada konsumen.
        Promosi di media sosial sangat besar manfaatnya, sebagai contohnya saat kita meminta teman untuk promosikan juga di akun sosialnya sehingga barang yang kita jual akan tersebar luas, maksudnya tersebar luar adalah banyak orang – orang yang datang ke media sosial kita baik untuk membeli atau sekedar mengujuki dan mengecek harga.
        Sudah banyak bidang yang menggunakan media sosial sebagai tempat berbisnis. Contohnya seperti wisata kulier, pariwisata, oleh – oleh, pelengkapan pribadi bahkan perlengkapan rumah, dan masih banyak lagi. Hanya perlu membeli kuota internet maka kita dapat mengembangkan bisnis tersebut secara online dengan tanpa unsur penipuan, karena banyak sekali kasus kelalaian dalam memilih online shoping sehingga mereka (konsumen) tertipu.
        Penulis sempat mewawancarai salah satu mahasiswi Pariwisata, dia merupakan teman penulis sendiri semenjak SMA. Menurutnya bidang pariwisata Indonesia sedang ditingkatkan untuk lebih bersaing dengan negara – negara tetangga, terutama pemerintah sedang mengusung rencana pariwisata yang bertemakan tentang pedesaan yang bertujuan juga untuk meningkatkan pendapatan daerah. Promosi yang dilakukan terfokus juga pada media sosial yang bersifat online. Sudah banyak sekarang situs – situs liburan pariwisata yang terkenal di Indonesia, salah satunya adalah Traveloka. Bukan hanya melalui media sosial tetapi promosi juga dilakukan di televisi yang berupa iklan yang digunakan untuk meningkatkan nilai yang men-download aplikasi tersebut. Dari aplikasi tersebut, konsumen dapat mengetahui pariwisata – pariwisata yang menarik serta tempata penginapan dan deskripsinya secara mendetail terutama masalah harga. Dengan hadirnya berbagai maca situs – situs tersebut, dapat memudahkan konsumen untuk liburan atau memenuhi  keperluan kehidupan sehari – hari.
        Jadi menurut penulis, bisnis online ini sangat membantu baik dikalangan manapun. Hanya perlu bagi konsumen untuk berhati – hati terhadap situs media sosial yang bertujuan sebagai penipuan. Hendaknya kita sebagai pembeli, harus lebih teliti dalam memilih bisnis online manakah yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.  Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Tetapi, arang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira - ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.



4.2.  Saran
        Dalam berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja prosesnya ,pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena emas ada satu jengkal lagi.
        Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri.



DAFTAR PUSTAKA




Komentar

  1. Sangat Membantu sekali. Izin copi ya..

    BalasHapus
  2. Nurul Huda merupakan Medsos Edukasi Manajemen, Bisnis, Investasi, Finansial Teknologi, Cryptocurrency, Media dan Jejaring Sosial

    BalasHapus
  3. Usaha Rumahan Di Desa Yang Banyak Disukai

    Usaha Jual Rujak Cingur Menjadi Penopang Kebutuhan Ibu Rumah Tangga Untuk Usaha Rumahan

    Bagi sebagian ibu-ibu di pedesaan, miliki bisnis sendiri yang bisa ditunaikan di tempat tinggal sambil mengerjakan kewajiban sehari-hari merupakan satu pilihan. Banyak ibu tempat tinggal tangga bersama beraneka solusi dan inspirasi kreatif lebih memilih mengakses bisnis sendiri dirumah. Jualan Rujak Cingur misalnya, terdengar terlampau sederhana. Namun banyak yang mengumpulkan pundi-pundi recehan lewat Peluang Bisnis Kuliner Khas Jawa Timur Yang Beragam Peminatnya dan berujung keberhasilan dengan membuka usaha yang lebih besar.

    Rujak Cingur merupakan Usaha Kuliner Khas Jawa Timur Yang Beragam Peminatnya dan tidak benar satu kuliner khas jawa timur dengan citra rasa yang begitu menggoda dan digemari banyak orang. Resep Cara Membuat Rujak Cingur yang terbilang simple dan mudah membuat jadi banyak orang mengidamkan coba untuk menyebabkan dan memperoleh kepuasan citra rasa. Penyajian rujak cingur sanggup ditambahkan denga kerupuk untuk melengkapi dan menaikkan kreasi lebih lengkap dan menarik. Jika anda penasaran inginkan tahu Cara Membuat Rujak Cingur, silakan klik link diatas.

    Dagang Rujak Cingur dapat anda coba terkecuali anda merupakan salah satu orang bersama dengan kriteria berikut:

    -Ibu tempat tinggal tangga atau lajang yang lebih puas diam dirumah.
    -Tergolong orang yang cinta kuliner daerah.
    -Ingin punyai bisnis bersama modal yang terbatas.
    -Ingin punyai bisnis yang simple, sederhana, dan tidak menguras pikiran.

    Tempat Usaha Untuk Dagang Rujak Cingur

    Untuk wilayah Peluang Bisnis Di Rumah Pedesaan Yang Banyak Pembelinya, tentukan area yang berada ditengah pemukiman penduduk. Jenis usaha ini kurang cocok untuk dikerjakan ditempat-tempat yang ramai lalu-lalang kendaraan. Karena penikmat Rujak Cingur mayoritas adalah kalangan penduduk bawah yang banyak menggunakan pas mereka dilingkungan daerah tinggal mereka sendiri.

    BalasHapus
  4. Terima kasih Tuhan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya. Ibu Rika Rika Anderson datang untuk menyelamatkan saya. Saya Hasna Fadlika dari Jl Kebon Cau No. 125 Jakarta Indonesia. Saya sangat berhutang budi kepada orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya.

    Saya ditahan berbulan-bulan sehingga saya diberi waktu untuk melunasi hutang saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi mencari uang untuk melunasi semua hutang yang saya ambil.

    Saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur online yang sah sehingga saya harus mencari karena melalui blog saya berulang kali tertipu tetapi ketika saya menemukan Ibu Rika Anderson, CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya untuk mencari melalui blog karena pertemuan saya dengan ibu benar-benar keajaiban karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan sehingga dia mengarahkan saya ke ibu saya.

    Saya mengajukan pinjaman dan setelah beberapa jam pinjaman saya diproses oleh Dewan tanpa agunan dan dalam waktu empat jam, saya dikreditkan dengan jumlah yang saya minta sebesar Rp. 50.000.000. Semua ini tanpa agunan tambahan seperti yang saya bicarakan dengan Anda sekarang bahwa saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri.

    Saya tidak membutuhkan bantuan orang lain sebelum memberi makan atau membuat keputusan keuangan. Saya tidak punya urusan dengan polisi lagi. Saya sekarang seorang wanita yang mandiri dan bahagia dengan keluarga saya. Anda ingin merasakan kemandirian finansial seperti saya, silahkan hubungi ibu Rika. melalui WhatsApp +19295260086 atau melalui email perusahaan: (rikaandersonloancompany@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang bermasalah ini, Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda menangani gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara.

    Saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ms. Rika Anderson di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi krisis keuangan dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (hasnafadlika17@gmail.com) selalu positif dengan Ms. Rika Anderson, dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru.

    Silakan hubungi ibu Rika. melalui Telp / Whatsapp: www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    email perusahaan: rikaandersonloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  5. Halo semuanya
    Nama saya Josephine Jumawan Caballo, saya tinggal di Orion Bataan, Phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu yang baik Karina Roland karena membantu saya mendapat pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di Kota Orion Bataan di mana aku tinggal dan aku jatuh ke tangan perusahaan palsu di Dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat frustrast karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Dubai, karena saya berutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk berlari, pada hari yang sangat setia teman saya bernama Susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia Punya pinjaman dari Ny. Karina Roland, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Mrs Karina Roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk menaruh keberanian dan saya menghubungi Ny. Karina Roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan disahkan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik Mrs Karina Roland jadi saya Anjurkan setiap orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi E-mail Mrs. Karina Roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau Whatsapp hanya +15857083478 atau +1 (323) 230-9820 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut a Bout Mrs.Karina Roland Email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) Semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Karina Roland untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  6. "Apakah Anda memerlukan bantuan dari BANDARTOGEL4D? Jangan khawatir, para ahli kami memberikan daftar bandar togel terpercaya yang dapat anda gunakan secara gratis.

    Bandar togel 4d merupakan sebuah situs yang beroperasi menyediakan daftar agen bandar togel terpercaya yang dapat di gunakan sebagai acuan tempat bertaruh togel 4d.

    Kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai bandar togel 4d. Kami berkomitmen untuk menyediakan daftar bandar togel terpercaya kepada seluruh pecinta game togel, dan kami selalu melampaui harapan Anda."""

    BalasHapus
  7. Thanks alot for sharing a detailed information
    banarasi silk dupatta

    BalasHapus
  8. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    KOTA : BATU MALANG JATIM
    WHATSAPP SAYA: +62 877-4316-8500
    HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya berbalik.
    Saya telah mengalami kesulitan keuangan untuk beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tapi kompilasi saya berpikir hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya mencoba untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa seorang teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya sekarang bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga saya dapat mengambil manfaat darinya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada yang banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui katakan ya harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata, dan tulus di seluruh dunia jadi jangan ragu untuk menghubungi IBU KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478 atau +1 323 230-9820
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    INSTAGRAM: KARINA ROLAND
    TWITTER: KARINA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  9. Saya sudah bermain game online di salah satu situs terlengkap dan terpercaya dengan banyak promo menarik dan banyak keuntungan yang anda dapatkan. Ayo sekarang giliran anda untuk mencobanya disini bandar togel

    BalasHapus
  10. Halo semuanya
    Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu karina roland yang baik karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari nyonya karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia menyuruh saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi nyonya karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi nyonya karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan disahkan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Mrs karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +15857083478 atau +1(323) 230-9820 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut bout Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu karina roland untuk mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  11. Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman lembaga yang saya temukan online untuk semua saudara Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk menyelesaikan masalah yang diinginkan dengan cepat. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND  PERUSAHAAN PINJAMAN yang  saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 KARINA ROLAND  PERUSAHAAN PINJAMAN. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Diperlukan Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan Muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 atau +1323 230-9820  (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk saran juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com )

    BalasHapus
  12. Nama: Malik
    Negara: Indonesia
    Jenis Kelamin.: Pria
    Pekerjaan.::::: Pabrik Tenaga Surya
    WhatsApp.(***+62-877-9447-8178***)
    Lamar Sekarang :(financialserviceauthority400@gmail.com)


    DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan bereputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah jadi jika Anda membutuhkan pinjaman hubungi mereka sesegera mungkin terutama di era pandemi ini untuk meringankan beban keuangan Anda. Saya mendapat pinjaman Rp.4,5 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya dan juga dalam seminggu saya memiliki hak untuk memperkenalkan kepada mereka seorang teman saya yang berada di Malaysia sejak saya berhasil sehingga dia juga mendapatkan pinjamannya senilai RM 270.000.
    ____WARNING: Harap berhati-hati di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang fiktif. Saya telah ditipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu dan saya dapat membuktikan kepada Anda bahwa dengan DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY Anda sama sekali tidak perlu takut. Perusahaan ini ditahbiskan oleh Allah jadi hubungi mereka sekarang untuk pinjaman Anda. Semoga Allah Membantu Anda.

    email:((m7472736@gmail.com))


    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  13. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK : bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum ketika saya memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semua berawal ketika saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami saya sampai saya menemukan kontak emailnya di internet jadi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari IBU KARINA dan saat ini saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan IBU KARINA yang telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Esa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari IBU KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 atau +1323 230-9820

    BalasHapus
  14. Setelah berjalan selama satu bulan, keluar Penpres No. 17 tahun 1965 tentang pembentukan bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia. Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural, sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor (Exim) Biaya Transfer BRI ke BNI

    BalasHapus
  15. Shiotogel adalah situs togel pengeluaran hk dan pengeluaran sgp paling lengkap dan paling cepat hari ini.

    BalasHapus
  16. rekomendasi Kumpulan soal bisnis online yang bisa jadi rekomendasi terbaik untuk mengerjakan ujiannya baca saja

    BalasHapus
  17. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus
  18. Halo semuanya, tolong, saya ingin segera menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki hidup yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,


    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah secara kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk meminta saran tentang cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Ibu Maria yang merupakan CEO Maria Loan. Perusahaan


    Saya mengajukan pinjaman dengan jumlah (900 juta) dengan tingkat bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.


    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa-doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan keinginan hati saya.


    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria baik melalui E-mail ( mariaalexander818@gmail.com ) ATAU whatsapp: +1 (254) 276 -8402. untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    E-mail ( mariaalexander818@gmail.com ) ATAU whatsapp: +1 (254) 276-8402.


    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya kabu lay, anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: ( kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  19. Situs Slot gacor Online memiliki pelayanan yang sangat ramah dan profesional serta selalu online24jam untuk semua pemain yang ingin bermain di bandar judi asiktogelku di Indonesia. Segera daftar dan bergabung bersama situs slot online, kami juga yakin bila kalian akan sangat puas bermain disini. Sebab layanan yang kita berikan akan selalu menjadi yang terbaik untuk semua pemain

    slot gacor
    slot gacor
    slot gacor
    slot gacor
    slot gacor
    slot gacor

    BalasHapus
  20. Mengapa harus mendaftarkan diri anda di Obor138? Karena hanya disanalah anda bisa mendapatkan kemenangan dengan hadiah yang besar. Banyak dari semua orang sudah memenangkan hadiah besar hanya dengan duduk bersantai. Apakah anda tidak tertarik? Tidak mungkin tidak doongg. Ayo daftarkan diri anda hanya di Obor138.

    obor138
    obor 138
    obor 138 slot
    obor138 slot
    obor138 slot login
    obor 138 slot login
    situs slot online
    slot online
    slot online obor138
    situs slot gacor obor138
    obor138 link alternatif
    obor 138 link alternatif

    TUNJANGKAN SAMPAI TUMBANGG BOSSS!!!!

    BalasHapus
  21. OBOR 138 SLOT mempunyai sistem keamanan yang rancangan keamanan tingkat tinggi, alhasil semua keamanan anda dalam main judi online bakal aman, dan informasi diri anda bakal terpelihara dengan cara ketat oleh teknologi enkripsi informasi. Anda pula bisa mendapatkan situs kami yang bisa ranking pada mesin pencarian Google sebab teruji keasliannya dengan ribuan member yang telah membuktikannya.
    obor 138 slot
    slot gacor obor 138
    Agen slot obor 138
    judi slot online
    situs slot gacor
    obor138 link alternatif
    slot online
    obor 138 slot gacot

    BalasHapus
  22. Begitu banyak variasi jenis dan jumlah permainan slot gacor yang tersedia di situs judi online OBOR 138 slot untuk anda mainkan.
    obor 138 slot
    slot gacor obor 138
    Agen slot obor 138
    judi slot online
    situs slot gacor
    obor138 link alternatif
    slot online
    obor 138 slot gacor

    BalasHapus
  23. Perlu diingat bahwa provider permainan yang direkomendasikan oleh situs obor 138 slot tentunya sudah mempunyai tingkat kemenangan yang tinggi
    obor 138 slot gacor

    BalasHapus
  24. Obor 138 slot gacor juga menyediakan banyak promosi yang menyenangkan untuk para member yang baru bergabung dengan kami. Jika new member ingin melakukan deposit bisa langsung melalui live chat yang telah kami sediakan. Serta mempunyai jackpot besar bagi para pemain yang ingin bermain di slot Obor 138. Banyak provider yang bisa memberikan anda jackpot besar seperti salah satu provider terbaik seperti pragmatic play, pg soft atau lainnya.
    judi slot 138 online

    BalasHapus
  25. Opsi provider game slot online terpercaya yang disediakan oleh situs website obor138 slot ialah provider dengan mutu terbaik dengan tampilan game yang bagus dan modern. Provider itu mencakup Microgaming, PG Soft, Spadegaming, Pragmatic Play, Habanero, Toptrend Gaming, Slot88, Playstar, Joker, CQ9, BBIN, BBP, BNG, serta yang lain-lain. Cuma dengan deposit 50.000 ribu rupiah serta sistem bisnis yang gampang memakai transfer Bank Indonesia ataupun dompet digital E-Wallet, anda bisa menikmati semua opsi game slot online dengan win rate besar ialah 98% serta pastinya sediakan beraneka ragam tambahan jackpot sensational dengan jaminan gampang claim.
    obor 138 slot gacor

    BalasHapus
  26. Bermain di situs judi slot online terpercaya seperti OBOR138 pastinya menjadi pilihan yang terbaik dalam mengisi waktu luang. Setiap daftar jenis provider judi slot online Internasional pasti mencoba untuk menghadirkan beragam permainan game slot terbaru serta terlengkap dan juga menarik dengan persentase RTP yang tinggi dibandingkan dengan provider situs lain.
    obor 138 slot

    BalasHapus
  27. Selain menyediakan banyak game situs slot online, OBOR 138 gacor selalu memberikan tips & trik dalam bermain di situs slot online agar mendapatkan jackpot terbesar setiap harinya. Perlu diingat bahwa provider permainan yang direkomendasikan oleh situs obor 138 slot tentunya sudah mempunyai tingkat kemenangan yang tinggi.
    slot judi online terbaik dan terpercaya OBOR138

    BalasHapus
  28. Banyak jenis permainan game slot online yang ada di situs judi online slot gacor hari ini pastinya akan membuat anda binggung untuk memilih permainan mana saja yang lagi gacor. Maka dari itu, Obor138 akan memberikan arahan kepada anda untuk memainkan game slot gacor sehingga mudah memenangkan hadiahnya.
    situs slot gacor

    BalasHapus
  29. Obor 138 Slot Gacor Terbaru Hari Ini terpercaya dengan bonus terbaik. jika anda bergabung jadi member bisa memperoleh bermacam- macam provit menarik. situs slot online terbaik memperkenalkan metode sistem deposit melalui e-wallet dan transfer bank yang memberi anda kemudahan dalam memainkan seluruh game dengan satu akun saja buat bermain game slot online. gabung sekarang supaya anda memperoleh banyak keuntungan, dengan bermain serta mengumpulkannya bisa membuat anda jadi kaya dalam waktu singkat

    BalasHapus
  30. keuntungan yang bisa anda dapatkan apabila anda join bersama situs slot obor 138 online terbaik dan terpercaya di indonesia. anda akan memperoleh banyak promo menarik yang bisa anda dapatkan ialah: promo new member 100%, bonus cashback, bonus referral juga bonus turn over dan masih ada lagi lainnya. anda juga bisa memperoleh hadiah jackpot terbesar dengan presentasi kemenangan yang tinggi maka dari itu jangan tunggu lagi, cepatlah anda bergabung di situs Obor 138 login slot online yang paling sering memberikan anda keuntungan jackpot

    BalasHapus
  31. agen slot Obor 138 merupakan situs slot online terbaik dan terpercaya yang sangat di idolakan di kalangan kelompok penjudi online hingga menjadi terkemuka sampai saat ini, telah banyak yang membuktikan bahwa permainan judi slot online ini bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar saat memaikan permainan slot online

    BalasHapus
  32. Anda mencari slot online yang memberikan keuntungan banyak?inilah kesempatan Anda bisa memainkan permainan judi slot online terbaik dan terpercaya obor138 di mana saja anda berada, sangat banyak penawaran menarik yang ditawarkan setiap harinya. maka dari itu, untuk daftar situs judi slot online terpercaya ini sangatlah dibutuhkan dan banyak orang mencarinya setiap harinya, Seperti Situs SLOT OBOR 138 dan tentunya itu memiliki bermacam- macam game slot online terbaik, dan juga disertai kumpulan situs judi slot online terpercaya.

    BalasHapus
  33. Provit besar bisa anda dapatkan jika memainkan game slot online di situs Obor138 slot online terbaik dan terpercaya di indonesia dengan pelayanan cs online 24 jam, memberikan bonus provit setiap main slot, memiliki server canggih, metode deposit yang komplit dan masih banyak lagi lainnya dijamin anda berkenan dengan hadiah jackpot yang sensational.
    obor 138 login

    BalasHapus
  34. selaku situs judi slot online terpercaya dan gacor hari ini merupakan tempat yang disukai para bettor untuk bermain, Obor 138 slot online akan terus melakukan upgrade secara rutin untuk mempercepat akses website yang tentunya memiliki kualitas terbaik untuk para pecinta game judi slot gacor terbaik di indonesia.
    obor 138 slot login
    slot online obor 138

    BalasHapus
  35. sistem keamanan yang dimiliki Obor 138 slot online terpercaya mempunyai program keamanan yang terbaik, maka itu semua keamanan serta kenyamanan anda dalam main judi slot online pasti aman, dan data diri anda bakal terpelihara dengan cara selektif oleh teknologi enkripsi informasi. anda juga bisa mengakses situs kami pada mesin pencarian Google karena telah teruji keasliannya dengan banyak member yang telah membuktikannya.
    agen slot online
    situs slot online

    BalasHapus
  36. OBOR138 merupakan situs judi slot online terpercaya, dimana OBOR138 menjadikan dirinya sebagai tempat perjudian terlengkap yang ada di Indonesia. Setiap hari ribuan orang telah mendaftarkan diri mereka untuk menjadi bagian dari situs SLOT OBOR 138 dalam mendapatkan uang tunai asli tiap harinya.
    slot 138 online
    obor 138 slot gacor
    obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya
    obor138 slot judi online terbaik dan terpercaya

    BalasHapus
  37. OBOR138 sebagai situs judi slot online terpercaya mempunyai Customer Service (CS) yang sangat profesional dengan pengalaman melayani selama bertahun-tahun terlatih dalam melakukan transaksi seperti Deposit dan Withdram yang hanya memakan waktu kurang dari 3 menit saja.
    judi slot 138 online
    situs slot gacor
    obor138 link alternatif

    BalasHapus
  38. Obor 138 situs judi slot online terpercaya menyediakan permainan slot online terbaik dengan hadiah jackpot terbesar dan tingkat winrate tertinggi. bonus promo yang sudah pasti menarik!
    obor 138 slot online terbaik
    slot obor 138

    BalasHapus
  39. Obor 138 slot terpercaya di indonesia telah menyediakan Minimal deposit yang terjangkau untuk seluruh pemain hanya Rp.50.000 saja anda telah dapat memainkan permainan slot online dengan tingkat kemenangan besar bisa anda nikmati serta memperoleh banyak promo yang menarik ayo mainkan sekarang juga.
    slot online
    situs slot

    BalasHapus
  40. OBOR138 bisa menjadi tempat hiburan yang menarik sekaligus juga bisa merasakan sensasi permainan yang seru juga sangat menguntungkan dalam finansial.
    slot online terbaik
    slot online terpercaya

    BalasHapus
  41. Pilih permainan dengan RTP yang tinggi: Pilih permainan slot dengan RTP yang tinggi, karena semakin tinggi persentase RTP, semakin besar kemungkinan Anda memenangkan hadiah. Pastikan juga untuk memilih permainan judi slot gacor yang sesuai dengan tingkat taruhan Anda.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pengantar Bisnis

Tugas 1 (makalah kelompok 7. Perencanaan dan pengembangan karier)