Materi 11: Kepuasan Kerja


Materi 11: Kepuasan Kerja

1.      Kepuasan kerja adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya. Sikap ini dicerminkan oleh moral kerja, kedisiplinan dan prestasi kerja. Karyawan yang lebih suka menikmati kepuasan kerja dalam pekerjaan akan lebih mengutamakan pekerjaannya daripada balas jasa walaupun balas jasa itu penting. Merupakan pengertian dari
a.       Tiffin
b.      Moch as’ad
c.       Hasibuan
d.      Semua salah
Jawaban: D

2.      Teori ini pertama sekali dikemukakan oleh Zaleznik (1958), kemudian dikembangkan oleh Adams (1963). Teori ini menunjukan kepada seseorang merasa puas atau tidak puas atas situasi tergantung pada perasaan adil (equity) atau tidak adil (inequity). Perasaan adil dan tidak adil atas suatu situasi didapat oleh setiap orang dengan cara mebandingkan dirinya dengan orang lain pada tingkat dan jenis pekerjaan yang sama, pada tempat maupun ditempat yang berbeda. Pengertian dari teori..
a.       Teori ketidaksesuaian
b.      Teori keadilan
c.       Teori kepuasan
d.      Teori kerja
Jawaban: B

3.      Ada berapa faktor yang memperngaruhi kepuasan kerja
a.       3
b.      4
c.       7
d.      10
Jawaban: D
4.      Yang tidak termasuk faktor yang mempengaruhi kepuasaan kerja adalah
a.       Sikap terhadap kelompok kerja
b.      Balas jasa yang adil dan layak.
c.        Penempatan yang tepat sesuai dengan keahlian.
d.      Berat ringannya pekerjaan.
Jawaban: A
5.      faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja yaitu otonomi dan kebebasan, karir benefit, kesempatan untuk maju. Pengertian menurut
a.       luthans
b.      byars and rue
c.       salah semua
d.      robbins and judge
Jawaban: D

Essay

1.      jelaskan pengertian kepuasan kerja menurut Hasibuan
Jawab:
faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja yaitu otonomi dan kebebasan, karir benefit, kesempatan untuk maju

2.      Teori ini pertama sekali dikemukakan oleh porter (1961), yang mendefinisikan bahwa job satisfaction is the difference between how much of something there should be and how much there “is now” . Setiap orang menginginkan agar sejumlah pekerjaan yang telah disumbangkan kepada pemberi kerja akan dihargai sebesar yang diterima secara kenyataan. Teori diatas adalah teori..
Jawab:
Teori ketidaksesuaian

3.      Apa yang di maksud dengan value teori
Jawab:
Menurut teori ini kepuasan kerja terjadi pada tingkatan dimana hasil pekerjaan diterima individu seperti diharapkan. Semakin banyak orang menerima hasil, akan semakin puas dan sebaliknya. Kunci menuju kepuasan pada teori ini adalah perbedaan antara aspek pekerjaan yang dimiliki dengan yang diinginkan seseorang. Semakiin besar perbedaan, semakin rendah kepuasan orang.

4.      Apa saja faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja
Jawab:
1)  Balas jasa yang adil dan layak.
2)  Penempatan yang tepat sesuai dengan keahlian.
3)  Berat ringannya pekerjaan.
4)  Suasana dan lingkungan pekerjaan.
5)  Peralatan yang menunjang pelaksanaan pekerjaan.
6)  Sikap pimpinan dalam kepemimpinannya.
7)  Sifat pekerjaan monoton atau tidak.

5.      Sebutkan 5 komponen utama kepuasaan kerja
Jawab:
1)  Sikap terhadap kelompok kerja
2)  Kondisi umum pekerjaan
3)  Sikap terhadap perusahaan
4)  Keuntungan secara ekonomi
5)  Sikap terhadap manajemen


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Bisnis Online Shop Marketing (Pengantar Bisnis tugas 2)

Makalah Pengantar Bisnis

Tugas 1 (makalah kelompok 7. Perencanaan dan pengembangan karier)