Materi 2: Sistem Perencanaan SDM



Materi 2: “Sistem perencanaan SDM”

Pilihan Ganda:

1. “perencanaan adalah suatu cara rasional untuk mempersiapkan masa depan.” Merupakan pendapat dari?
A. Efi
B. Abdul Hasyim
C. Alder
D. Becker
Jawaban: D. Becker

2. Tujuan dari suatu perencanaan adalah?
A. Efektif dan efisiensi
B. Mempersulit rencana
C. Menghambat perencanaan
D. Merusak usaha dalam membuat rencana
Jawaban: A. Efektif dan efisiensi

3. Yang benar dalam tujuan perencanaan adalah?
A. Mengantisipasi dan beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.
B. Menghindari atau setidaknya meminimalisir potensi terjadinya tumpang tindih dan pemborosan dalam pelaksanaan perkerjaan
C. A dan B benar
D. Salah semua
Jawaban: C.

4. Dibawah ini yang merupakan metode forcasting SDM adalah?
A. Modeling
B. Collective option
C. Categorical and Cluster forecasting
D. Benar semua
Jawaban: D.

5. Suatu perusahaan didirikan dengan maksud untuk mencapai tujuan. Agar tujuan tersebut dapat tercapai diperlukan suatu perencanaan dan pengendalian yang baik melalui anggaran. Merupakan pengertian dari?
A. Anggaran
B. Manajemen
C. Efisiensi
D. Perencanaan
Jawaban: A.

1. Sebutkan tujuan dari perencanaan
Jawaban:
·         Mengantisipasi dan beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.
·         Memberikan arahan (direction) kepada para adiminitrator maupun non administrator agar berkerja sesuai dengan rencana.
·         Menghindari atau setidaknya meminimalisir potensi terjadinya tumpang tindih dan pemborosan dalam pelaksanaan perkerjaan.
·         Menetapkan standar tertentu yang harus digunakan dalam bekerja sehingga memudahkan dalam pengawasan atau kontrol.
·          
2. Jelaskan mengenai perencanaanberdasarkan ruang lingkup
Jawaban:
·         Rencana strategis (strategic planning), yaitu perencanaan yang di dalamnya terdapat uraian mengenai kebijakan jangka panjang dan waktu pelaksanaan yang lama. Umumnya jenis perencanaan seperti ini sangat sulit untuk diubah.
·         Rencana taktis (tactical planning), yaitu perencanaan yang di dalamnya terdapat uraian tentang kebijakan yang bersifat jangka pendek, mudah disesuaikan aktivitasnya selama tujuannya masih sama.
·         Rencana terintegrasi (integrated planning), yaitu perencanaan yang di dalamnya terdapat penjelasan secara menyeluruh dan sifatnya terpadu.

3. Sebutkan tujuan dari efisiensi
Jawaban:
·         Untuk mencapai suatu hasil atau tujuan sesuai dengan yang diharapkan.
·         Untuk menghemat atau mengurangi penggunaan sumber daya dalam melakukan kegiatan.
·         Untuk memaksimalkan penggunaan segala sumber daya yang dimiliki sehingga tidak ada yang terbuang percuma.
·         Untuk meningkatkan kinerja suatu unit kerja sehingga output-nya semakin maksimal.
·         Untuk memaksimalkan keuntungan yang mungkin didapatkan.

4. Jelaskan hubungan antara perencanaan SDM dan anggaran
Jawaban:
  1. Anggaran merupakan pusat pertemuan antara polotik dengan administrasi publik, dan merupakan proses lewat mana konflik-konflik nilai diatasi dan diterjemahkan ke dalam program-program kongret melalui pengalokasian sumber-sumber daya yang langka ke tujuan-tujuan program.
  2. Karena gaji dan tunjangan merupakan 50 hingga 70% dari pengeluaran instansi pemerintah, nota keuangan yang paling vital yang disampaikan oleh pimpinan eksekutif, atau dianggarkan oleh lembaga legislatif, merupakan pengeluaran untuk gaji dan tunjangan.
  3. Perencanaan sumber daya manusia merupakan aspek manajemen kepegawaian pemerintah yang menjabati antara lingkungan politik luar dan aktivitas-aktivitas inti seperti analisis pekerjaan, uraian pekerjaan, evaluasi pekerjaan, dan imbalan/kompensasi.
  4. Oleh karena iru nilai dominan yang paling mempengaruhi keterkaitan antara perencanaan sumber daya manusia dengan lingkungan luar dan aktivitas-aktivitas pengalokasian utama adalah daya tanggap politik.
  5. Pada dasarnya, bagaimanapun juga daya tanggap politik merupakan nilai yang dominan. Pengadilan bisa menuntut gaji yang sama, atau suatu paket kompensasi/imbalan dapat dirundingkan melalui tawar-menawar bersama. Tetapi tidak satupun dari keputusan-keputusan itu dapat dilaksanakan sebelum badan legislatif, memalui persiapan anggaran dan proses persetujuan, mencairkan dan-dana tersebut untuk mengefektivkan keputusan-keputusan tersebut.

5. Jelaskan mengenai collective option
Jawaban:
Collective opinion, teknik ini meliputi pengumpulan informasi dari berbagai sumber didalam dan diluar organisasi dan kemudian mencapai kesepakatan kelompok mengenai penafsiran data tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Bisnis Online Shop Marketing (Pengantar Bisnis tugas 2)

Makalah Pengantar Bisnis

Tugas 1 (makalah kelompok 7. Perencanaan dan pengembangan karier)