Materi 6: Latihan dan Pengembangan SDM

Materi 6: Latihan dan Pengembangan SDM


1. Dalam rangka pengembangan pengetahuan SDM, ada beberapa hal-hal yang meliputi pengembangan pengetahuan SDM yaitu…
a.   Dalam rangka pengembangan pengetahuan SDM, ada beberapa hal-hal yang meliputi pengembangan pengetahuan SDM yaitu
b.     Program perusahaan akan tidak pernah ketinggalan dari para pesaingnya.
c.      Seluk beluk pelaksanaan pekerjaan lebih mendalam.
d.      Semua jawaban salah
Jawaban: C

 2. Setiap kegiatan untuk memperbaiki performansi pekerja pada suatu pekerjaan tertentu yang merupakan tanggung jawabnya. Adalah pengertian dari…
a.      Pelatihan
b.      Pengembangan SDM
c.       Pelatihan dan Pengemabangan
d.      SDM
Jawaban: A

3.  Dari segi waktu pelaksaan dlaam pengembangan SDM, pelatihan dapat dibedakan menjadi 3 yaitu…
a.      Semua jawaban benar
b.      Dalam Tugas
c.       Purna Tugas
d.      Pra-tugas
Jawaban: A

4. Pelatihan non-formal adalah…
a.       Setiap kegiatan untuk memperbaiki performansi pekerja pada suatu pekerjaan tertentu yang merupakan tanggung jawabnya
b.      Pelatihan biasanya diadakan secara teratur, terjadwal dnegan mengacu pada kurikulum yang sudah ada
c. Kegiatan yang harus dilaksanakan oleh perusahaan agar pengetahuan (knowledge), kemampuan (ability) dan keterampilan (skill) mereka sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang mereka lakukan
d.      Semua jawaban salah
Jawaban: D

5.   Dalam metode pelatihan yang diberikan kepada karyawan operasional maupun manajerial terdapat role playing, apa yang dimaksud dengan role playing….
a.       Pelatihan yang memberikan materi keterampilan khusus kepada para peserta yang dilakukan ditempat kerja tanpa mengganggu pekerjaan sehari-hari. Peserta diberikan tempat yang mirip dengan ruang kerja beserta peralatannya sehingga peserta dapat mencermati materi yang diberikan agar tidak melakukan kesalahan ketika bekerja.
b.  Pelatihan dilakukan di ruang khusus atau tempat tertentu, dimana para peserta disuruh berperan seolah-olah pelaku. Disini para peserta dituntut untuk menangani permasalahan yang ada selama bekerja dan juga para peserta diminta untuk mencari jalan keluar agar konsumen/klien merasa puas dengan pekerjaan kita.
c.    Simulasi, sesuai dengan namanya disini pengajar menggunakan perangkat yang mirip dengan perangkat aslinya. Masing-masing komponen diperlihatkan cara kerjanya dan bagaimana hubungan kerjanya dengan komponen-komponen lainnya.
d.   Belajar mandiri, yaitu pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan dengan mewajibkan para karyawannya belajar melalui buku-buku yang sudah disediakan oleh perusahaan.
Jawaban: B

1.      Kenapa perlu diadakannya pengawasan dalam pengembangan SDM
Jawaban:
     Pengawasan dilakukan dengan maksud agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan pekerjaan

2.      Sebutkan 3 hal dalam mencangkup pelatihan yang cukup efektif?
Jawaban
·         Merupakan pengalaman belajar (learning experience).
·         Merupakan kegiatan terencana (the planned organizational activity).
·         Merupakan hasil desain dari hasil penelitian yang dapat diikuti fisik.

3.      Sebutkan manfaat Pelatihan bagi perusahaan?
Jawaban:
A.     Meningkatkan produktivitas kerja perusahaan
B.     Terwujudnya hubungan kerja yang serasi antara SDM
C.     Mempercepat pengambilan keputusan yang tepat
D.    Meningkatkan semangat kerja
E.     Pimpinan akan terdorong menggunakan gaya manajemen partisipatif
F.      Komunikasi akan berjalan lebih efektif
G.    Meningkatkan rasa kekompakan dan suasana kekeluargaan dalam perusahaan

4.      Jelaskan yang dimaksud dengan pelatihan formal
Jawaban:

     Pelatihan formal adalah pelatihan biasanya diadakan secara teratur, terjadwal dnegan mengacu pada kurikulum yang sudah ada.

5.  Sebutkan dan jelaskan pelatihan pelaksanaan dalam pengembangan SDM dari segi waktu!
Jawaban:
A.     Pelatihan Pra-tugas (pre –service training) adalah pelatihan yang diberikan kepada calon karyawan yang akan mulai bekerja, agar mereka dapat melaksanakan tugas-tugas yang harus dikerjakan.
B.      Pelatihan dalam tugas (in service training) adalah pelatihan yang berguna  untuk menambah ilmudan keterampilan yang ada pada karyawan, sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan profesional.
C.     Pelatihan purna-tugas (post service training) adalah pelatihan yang diadakan khusus bagi karyawan yang akan memasuki masa pensiun. Melalui pelatihan purna-tugas ini diharapkan karyawan yang bersangkutan setelah pensiun masih dapat memberikan kontribusinya bagi masyarakat dengan membuka usaha dan menambah penghasilan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Bisnis Online Shop Marketing (Pengantar Bisnis tugas 2)

Makalah Pengantar Bisnis

Tugas 1 (makalah kelompok 7. Perencanaan dan pengembangan karier)