Materi 4: Penarikan SDM
Materi 4: Penarikan SDM
1. “Proses mencari, menemukan, dan menarik pelamar untuk dipekerjakan dalam suatu organisasi.”
Merupakan pendapat dari
A. Siagian
B. Kim
Namjoon
C. Min
Yoongi
D. Park
Jimin
Jawaban: A
2. Yang bukan merupakan alasan dari penarikan
A.
Berdirinya organisasi baru
B.
Adanya perluasan kegiatan organisasi
C.
Terciptanya pekerjaan dan kegiatan-kegiatan baru
D. Perusahaan
mengalami kemunduran
Jawaban: D
3. Apa saja tujuan
dari penarikan
A.
Memikat pelamar yang melamar kesempatan kerja
B.
Aktivitas ini memikat pelamar yang melamar kesempatan kerja.
C.
Sebagai sarana pertukaran informasi.
D.
Semua benar
Jawaban: D
4. Mana dibawah ini kebijakan penarikan yang benar
A. Kebijakan
Promosi
B. Kebijakan
Keuangan
C. Kebijakan
Pengendalian
D. Kebijakan
Struktur
Jawaban: A
5. Yang termasuk dalam teknik penarikan adalah
A. Rekrutmen
yang sentralisasi
B. Rekrutmen
yang desentrasilasi
C. Benar
semua
D. Salah
keduanya
Jawaban: C
Essay
1. Pengertian dari penarikan adalah
Jawaban
Penarikan (recruitment) adalah proses pencarian dan pemikatan para calon
karyawan (pelamar) yang mampu untuk melamar sebagai karyawan. Proses ini dimulai ketika para pelamar dicari dan berakir bila lamaran-
lamaran (aplikasi) mereka diserahkan.
2. Apa saja tujuan
dari penarikan
Jawaban:
1. Memikat pelamar yang melamar
kesempatan kerja
Aktivitas ini memikat
pelamar yang melamar kesempatan kerja. Ukuran dan karakteristik kelompok
pelamar membatasi sampai dimana aktivitas penyusunan pegawai berikutnya
mencapai tujuan.
2. Mempengaruhi pelamar menerima tawaran
pekerjaan yang mereka terima Aktivitas penarikan dapat mempengaruhi apakah pelamar
menerima tawaran pekerjaan yang mereka terima.
3. Sebagai sarana pertukaran informasi.
3. sebutkan alasan mengapa perusahaan melakukan
penarikan
Jawaban
a. Berdirinya organisasi baru
b. Adanya perluasan kegiatan organisasi
c. Terciptanya pekerjaan dan
kegiatan-kegiatan baru
d. Adanya pekerja yang pindah
keorganisasi lain
e. Adanya pekerja yang berhenti, baik
dengan hormat maupun tidak dengan
f. hormat sebagai tindakan
punitive
g. Adanya pekerja yang berhenti karena
memasuki usia pension
h. Adanya pekerja yang meninggal
dunia
4. Jelaskan
poin-poin dari kebijakan operasional
Jawaban
a. Kebijakkan promosi,
Untuk memberikan
kesempatan pertama kepada karyawan sekarang untuk mengisi lowongan, sehingga dapat meningkatkan
moral dan partisipasi karyawan serta membantu kegiatan pemeliharaan karyawan.
b. Kebijakan kompensasi,
Besarnya kompensasi yang ditawarkan akan mempengaruhi minat pencari kerja untuk menjadi
pelamar serius
c. Kebijakan status karyawan,
Status karyawan
honorer, musiman atau part-time dapat menyebabkan perusahaan
menolak karyawan qualified yang menginginkan status kerja full time.
d. Kebijakan penerima tenaga lokal,
Prioritas penarikan biasanya
dimaksudkan untuk lebih terlibat dalam masyarakat dan menjalin hubungan baik dengan lingkungan masyarakat
disekitar perusahaan.
5. Jelaskan faktor eksternal dari penarikan
Jawaban
Tidak ada satupun organisasi yang boleh
mengabaikan apa yang terjadi di sekitarnya. Artinya dalam mengelola organisasi,
factor-faktor eksternal atau lingkungan harus selalu mendapat perhatian. Juga
dalam hal merekrut tenaga kerja baru.
Contoh dari factor eksternal dalam proses
rekrutmen antara lain :
1. Tingkat pengangguran.
Apabila tingkat pengangguran tinggi, maka para pencari tenaga kerja dapat
bertindak lebih selektif karena banyaknya pencari pekerjaan yang melamar,
mungkin banyak diantaranya yang memenuhi persyaratan melebihi ketentuan
organisasi untuk mengisi lowongan yang tersedia. Sebaliknya, apabila tingkat
penganggur an rendah, maka para pencari tenaga kerja tidak
tepat jika “jual mahal” karena para pencari pekerjaan tidak terlalu sikar
memperoleh pekerjaan sesuai dengan pendidikan, pelatihan dan pengalamannya.
Komentar
Posting Komentar