Materi 11: Kepuasan Kerja
Materi 11:
Kepuasan Kerja
1. Kepuasan kerja adalah
sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya. Sikap ini
dicerminkan oleh moral kerja, kedisiplinan dan prestasi kerja. Karyawan yang
lebih suka menikmati kepuasan kerja dalam pekerjaan akan lebih mengutamakan
pekerjaannya daripada balas jasa walaupun balas jasa itu penting. Merupakan
pengertian dari
a. Tiffin
b. Moch as’ad
c. Hasibuan
d. Semua salah
Jawaban: D
2. Teori ini pertama
sekali dikemukakan oleh Zaleznik (1958), kemudian dikembangkan oleh Adams
(1963). Teori ini menunjukan kepada seseorang merasa puas atau tidak puas atas
situasi tergantung pada perasaan adil (equity) atau tidak adil (inequity).
Perasaan adil dan tidak adil atas suatu situasi didapat oleh setiap orang
dengan cara mebandingkan dirinya dengan orang lain pada tingkat dan jenis
pekerjaan yang sama, pada tempat maupun ditempat yang berbeda. Pengertian dari
teori..
a. Teori ketidaksesuaian
b. Teori keadilan
c. Teori kepuasan
d. Teori kerja
Jawaban: B
3. Ada berapa faktor yang
memperngaruhi kepuasan kerja
a. 3
b. 4
c. 7
d. 10
Jawaban: D
4. Yang tidak termasuk
faktor yang mempengaruhi kepuasaan kerja adalah
a. Sikap terhadap kelompok kerja
b. Balas jasa yang adil
dan layak.
c. Penempatan yang
tepat sesuai dengan keahlian.
d. Berat ringannya
pekerjaan.
Jawaban: A
5. faktor
yang berhubungan dengan kepuasan kerja yaitu otonomi dan kebebasan, karir
benefit, kesempatan untuk maju. Pengertian menurut
a. luthans
b. byars
and rue
c. salah
semua
d. robbins and judge
Jawaban: D
Essay
1. jelaskan
pengertian kepuasan kerja menurut Hasibuan
Jawab:
faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja yaitu otonomi dan
kebebasan, karir benefit, kesempatan untuk maju
2. Teori
ini pertama sekali dikemukakan oleh porter (1961), yang mendefinisikan bahwa
job satisfaction is the difference between how much of something there should
be and how much there “is now” . Setiap orang menginginkan agar sejumlah
pekerjaan yang telah disumbangkan kepada pemberi kerja akan dihargai sebesar
yang diterima secara kenyataan. Teori diatas adalah teori..
Jawab:
Teori ketidaksesuaian
3. Apa
yang di maksud dengan value teori
Jawab:
Menurut teori ini kepuasan kerja terjadi pada tingkatan dimana hasil
pekerjaan diterima individu seperti diharapkan. Semakin banyak orang menerima
hasil, akan semakin puas dan sebaliknya. Kunci menuju kepuasan pada teori ini
adalah perbedaan antara aspek pekerjaan yang dimiliki dengan yang diinginkan
seseorang. Semakiin besar perbedaan, semakin rendah kepuasan orang.
4. Apa
saja faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja
Jawab:
1) Balas jasa yang adil dan layak.
2) Penempatan yang tepat sesuai dengan keahlian.
3) Berat ringannya pekerjaan.
4) Suasana dan lingkungan pekerjaan.
5) Peralatan yang menunjang pelaksanaan pekerjaan.
6) Sikap pimpinan dalam kepemimpinannya.
7) Sifat pekerjaan monoton atau tidak.
5. Sebutkan
5 komponen utama kepuasaan kerja
Jawab:
1) Sikap terhadap kelompok kerja
2) Kondisi umum pekerjaan
3) Sikap terhadap perusahaan
4) Keuntungan secara ekonomi
5) Sikap terhadap manajemen
Komentar
Posting Komentar