Makalah Pengantar Bisnis
MAKALAH PENGANTAR
BISNIS
OLEH
VINCENSIA LEONI OKTAVIA
27216547
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan
karunia-Nya yang begitu besar dapat membantu penulis dalam menyelesaikdapat
membantu penulis dalam menyelesaikan makalah “Pengantar Bisnis”. Dan tak lupa,
penulis berterima kasih kepada Ibu Fitria selaku Dosen mata kuliah Pengantar
Bisnis di Universitas Gunadarma yang telah memberikan penulis tugas yang
bermanfaat ini.
Dalam makalah
ini, penulis membahas tentang pengertian bisnis menurut para ahli, jenis dari
bisnis, tujuan kebijakan bisnis dan yang terakhir adalah alasan mengapa harus
belajar bisnis. Ucapan terima kasih pun tidak lupa kami ucapkan kepada
pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini yang
tidak dapat disebutkan satu per satu.
Penulis berharap agar makalah ini dapat
berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan pembaca mengenai Bisnis.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan, oleh karena
itu masukan berupa kritikan dan saran sangat penulis harapkan
demi penyempurnaan makalah ini. Akhir kata, kiranya makalah ini
dapat berguna dan bisa menjadi pedoman bagi mahasiswa untuk dapat mempelajari
serta memahami tentang Bisnis. Sekian dan
terima kasih.
Depok,
2 Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar
.....................................................................................................
2
Daftar
Isi
..............................................................................................................
3
BAB
I PENDAHULUAN
...................................................................................
4
1.1
Latar Belakang
............................................................................................
4
1.2
Rumusan Masalah
.......................................................................................
4
1.3
Tujuan Penulisan
.........................................................................................
5
1.4
Metodologi Penulisan
..................................................................................
5
BAB II PEMBAHASAN ..................................................................................... 6
2.1 Pengertian Bisnis secara Umum
..................................................................... 6
2.2 Pengertian Bisnis menurut para Ahli
.............................................................. 7
2.3 Tujuan Bisnis
..................................................................................................
8
2.4 Fungsi Bisnis
.................................................................................................. 9
2.5 Elemen – elemen Bisnis
.................................................................................
10
2.6 Aspek Bisnis
...................................................................................................
11
2.7 Faktor yang Mempengaruhi Bisnis
................................................................. 11
2.8 Analisis Bisnis
...............................................................................................
12
BAB III PENUTUP
..............................................................................................
14
.
3.1 Kesimpulan
.....................................................................................................
14
3.2 Saran dan Kritik
..............................................................................................
14
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Bisnis
merupakan aktivitas yang selalu ada di sekitar kita dan dikenal oleh kaum muda
hingga kaum tua. Pada era globalisasi ini, masyarakat Indonesia khususnya
kepada mahasiswa, masih mengalami kebingungan dengan manfaat dan tujuan dari
bisnis tersebut. Bangsa Indonesia sudah terbukti memiliki sumber kekayaan alam
yang melimpah jika saja masyarakat ikut berperan aktif dalam memanfaatkan
setiap kekayaan alam dengan bijaksana. Dengan bijaksana, kita dapat membangun
Indonesia menjadi negara maju. Namun seringkali Indonesia dilanda dengan
musibah keterpurukan ekonomi, kemiskinan, dan korupsi yang masih berkembang
terus – menerus.
Dilihat
dari pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia menduduki angka fantastis.
Namun, pemerintah belum bisa mengatasi masalah tersebut secara menyeluruh. Dengan
semakin bertambahnya teknologi di era-moderenisasi ini, manusia dituntut dengan
gaya hidup yang serba praktis dan mudah dalam menjalani kegiatan sehari – hari.
Dan hal praktis yang dapat kita temui melalui makanan atau sering disebut junk-food, makanan cepat saji yang
digemari masyarakat karena tidak perlu menunggu lama sebab bagi masyarakat
waktu sangatlah penting oleh sebab itu manusia menjadi lupa dalam memahami
makanan yang mereka makan termasuk dalam kategori makanan sehat atau tidak.
Maka
dari itu, penulis ingin membahas makalah yang mengusung tema “Menganalisa
Berbisnis di Kalangan Kaum Muda Indonesia”. Penulis berusaha menyusun makalah ini
dengan semenarik mungkin agar masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar
lainnya dapat menyukai dan menambah ilmu dengan membaca makalah ini. Sehingga,
mahasiswa dapat mengenal dan mengerti wawasan mengenai bisnis.
1.2 Rumusan Masalah
Masalah yang dibahas dalam makalah
ini mnegenai rumusan masalah tentang Pengantar Bisnis yaitu :
1.1.1
Pengertian Bisnis secara umum.
1.1.2
Pengertian Bisnis menurut para ahli.
1.1.3
Tujuan
Bisnis.
1.1.4
Fungsi Bisnis.
1.1.5
Elemen – elemen Bisnis.
1.1.6
Aspek dari tujuan bisnis itu sendiri.
1.1.7
Faktor yang mempengaruhi bisnis.
1.1.8
Analisa dari alasan pembelajaran bisnis.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan
penulisan dalam makalah ini adalah :
1.3.1
Untuk memenuhi dan melengkapi tugas pengantar bisnis yang bermuatan –
Softkill.
1.3.2
Untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai materi pengantar-
Bisnis.
1.4 Metodologi Penulisan
Untuk mempermudah dan membantu
kelancaran penulis yang dilaksanakan, maka
penulis menggunakan metode kepusakaan, yakni :
a.
Penulis mencari berbagai referensi buku
sebagai sumber penulis untuk membuat makalah ini.
b.
Penulis juga mencari sumber lainnya
melalui situs – situs internet.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Bisnis secara Umum
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang
atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara
historis kata bisnis dari bahasa Inggris business,
dari kata dasar busy yang berarti
“sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian,
sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan
bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah
bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang
mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini,
misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya
atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar
kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau
sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata
"bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya —
penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan
yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau
keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar
tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling
luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia
barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat
masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
2.2 Bisnis menurut para
Ahli
Berikut beberapa pengertian bisnis menurut beberapa
tokoh diantaranya :
a.
Menurut Brown dan Petrello :
“Business is an institution which produces goods and services demanded by people”, yang berarti
bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan
oleh masyarakat sambil memperoleh laba. (1976)
b. Menurut
Steinford :
“Business is all those activities involved in providing the goods and
services needed or desired by people”, yang berarti bisnis sebagai aktivitas
yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh
konsumen. (1979)
c. Menurut Griffin dan Ebert
:
“Business is an organization that provides goods or services in order to
earn provit” yang berarti bisnis
merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan
untuk menghasilkan profit (laba). (1996)
d. Menurut Hughes dan Kapor
:
“Business is the organized effort of individuals to produces and sell for a
provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general terms
business refer to all such efforts within a society or within a industry”, yang
berarti bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi
untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan
dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri.
e. Menurut Allan Afuah
:
Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan
cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang
atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004)
f. Menurut Glos, Steade dan Lowry
:
Bisnis merupakan jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang
yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang
dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standart serta kualitas
hidup mereka.
g. Menurut Musselman dan Jackson
:
Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan
ekonomis masyarakat dan Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk
dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau
jasa.Tujuan perusahaan membuat produk adalah unruk mendapatkan laba, yakni
imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi
konsumen.
2.3 Tujuan Bisnis
Pada umumnya tujuan didirikannya bisnis atau
perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan
didirikannya perusahaan meliputi :
1.
Profit
2.
Pengadaan barang atau jasa
3.
Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
4.
Full employment
5.
Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
6.
Kemajuan atau pertumbuhan
7.
Prestise dan prestasi
Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh
keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan
lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang
ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda.
Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :
1.
Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
2.
Untuk memakmurkan keluarga
3.
Ingin namanya dikenal banyak orang
4.
Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
5.
Ingin mencoba hal yang baru
6.
Ingin memanfaatkan waktu luang
7.
Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada
orang lain
8.
Ingin mendapatkan simpati, dsb.
2.4 Fungsi Bisnis
Fungsi
bisnis terbagi menjadi dua yakni menurut tokoh dan fungsi dalam mikro dan
makro yakni :
a. Menurut Steinhoff (1979:17), fungsi
yang dilakukan oleh aktivitas bisnis dapat dikelompokkan ke dalam tiga fungsi
dasar, yaitu :
1. Acquiring
Raw Materials ( Memperoleh bahan baku )
Dalam
membuat roti kita memerlukan tepung terigu untuk membuatnya, membuat lemari
kita juga memerlukan kayu untuk membuatnya, dan dalam membuat buku tulis kita
memerlukan dahan untuk dapat membuatnya.
2. Manufacturing
Raw Materials into Products
Setelah
bahan baku yang kita peroleh nanti akan diolah menjadi sebuah produk.
misalnya :
dalam membuat roti, tepung terigu diubah menjadi roti dengan berbagai-
rasa.
3. Distributing
Products to Consumers
Produk yang
dihasilkan lalu di distribusikan kepada konsumen.
1. Fungsi mikro bisnis
Konstribusi
terhadap pihak yang berperan langsung, yakni :
a. Pekerja atau
Karyawan
Pekerja
menginginkan gaji yang layak dari hasil kinerjanya, sedangkan manajer
menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan dengan omzet penjualan dan
laba.
b. Dewan
Komisaris
Mengawasi
dan memantau kegiatan manajemen dan memastikan berjalannya kegiatan hingga
mencapai tujuan perusahaan.
c. Pemegang
Saham
Investor
memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap suatu perusahaan.
2.
Fungsi makro bisnis
a. Masyarakat
Sekitar Perusahaan
Memberikan
kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
b. Bangsa dan
Negara
Bertanggung
jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk membayar pajak.
2.5 Elemen - Elemen Bisnis
Elemen –
elemen bisnis terbagi menjadi empat, yaitu :
1. Modal (
Capital )
Sejumlah
uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2. Bahan-bahan
( Materials )
Factor
produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah dan
menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3. Sumber Daya
Manusia ( SDM )
Kualifikasi
SDM yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4. Keterampilan
Manajemen ( Management Skill )
Sistem
manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.
2.6 Aspek Bisnis
Aspek bisnis
terbagi menjadi empat yaitu:
1. Kegiatan
individu dan kelompok
2. Penciptaan
nilai
3. Penciptaan
barang dan jasa
4. Keuntungan
melalui transaksi
2.7
Faktor yang Mempengaruhi Bisnis
Terdapat
tiga faktor yang menentukkan iklim bisnis, diantaranya :
a. Investasi
Penggunaan
sumber-sumber untuk menciptakan modal baru.
b. Tabungan
Jumlah yang
diputuskan oleh para pekerja untuk ditabung akan menentukan kuat lemahnya
multiplier tersebut. Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit
pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut.
c. Pemerintah
Pemerintah
berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Pemerintah memiliki dua kebijaksanaan
yang dapat mempengaruhi bisnis, yaitu :
1. Kebijaksanaan
Fiskal
Kebijaksanaan
yang digunakan umtuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak
(mengurangi permintaan) atau meningkatkan pengeluaran pemerintah (meningkatkan
permintaan)
2. Kebijaksanaan
Moneter
Kebijaksanaan
yang berkaitan dengan pengelolaan supply (penawaran) uang untuk meningkatkan
atau menurunkan permintaan.
2.8 Analisis
Bisnis
Dalam
kehidupan sehahri – hari, banyak hal yang kita lakukan sebagai manusia
merupakan bisnis. Meskipun kadang bisnis tersebut disebut dengan bisnis kecil.
Seperti pada pengalaman yang penulis lakukan dalam kehidupan penulis sendiri.
Penulis belajar berbisnis dimulai sejak berada di Sekolah Dasar (SD), saat itu
penulis berjualan pensil kepada teman – teman penulis dengan sistem memasarkan
langsung kepada teman – teman penulis dengan menuturkan secara lengkap dan
jelas tentang pensil yang penulis jual. Meskipun memang keuntungan yang didapat
sangatlah kecil, tapi penulis tetap giat berjualan. Namun dengan berjalannya
waktu, kegiatan berjualan pensil tersebut sudah penulis berhentikan karena
penulis sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar.
Kemudian, saat penulis memasuki Sekolah
Menengah Pertama (SMP) kegiatan berbisnis dimulai lagi saat menjelang hari Valentine pada 14 Februari. Pnulis sudah
memasarkan dan menawarkan coklat semenjak awal Februari dengan cara penulis
susun daftar harga beserta contoh foto coklat itu sendiri. Harga mulai dari RP
6000 – 45000 rupiah. Laba yang penulis raih lebih besar dibandingkan saat
berjualan pensil saat Sekolah Dasar. Kegiatan bisnis ini, penulis lakukan saat
menjelang hari Valentine saja karena
penulis tidak mau konsentrasi penulis terbagi dengan berbisnis di sekolah.
Saat memasuki Sekolah Menengah Atas
(SMA), penulis mulai lagi berjualan pulsa pada kelas 11. Minat akan pulsa
sangat besar di sekolah, karena memang jarang sekali ada yang berjualan terutama
pulsa. Namun tak jarang ada hutang dan membuat keuangan susah untuk diputar,
maksudnya adalah susah untuk diolah lagi dalam mengisi saldo pulsa karena uang
masih tertahan diluar dan belum masuk pada kas. Tetapi di balik itu semua,
bisnis ini berhasil, bukan hanya dalam meraup laba yang cukup besar namun
berhasil dalam proses pemasaran dimana setiap kalangan baik itu adik kelas maupun guru mengetahui bahwa
penulis berjualan pulsa. Tak jarang juga jika penulis sering dipanggil ke
ruangan guru hanya untuk bertemu guru yang ingin mengisi pulsa. Tetapi dalam
membangun sebuah bisnis memang dibutuhkan modal. Ada yang modalnya kecil dan
ada juga yang besar tergantung pada jenis dari usaha yang akan ditekuni. Dengan
modal RP 100.000 rupiah, penulis dapat meraih keuntungan diatas modal tersebut
hanya dalam 2 minggu. Dan bagi seorang pelajar, laba tersebut termasuk jumlah
yang besar. Tapi, usaha penulis lagi –
lagi terhenti karena uang modal dan laba penulis tidak sengaja terjatuh di
jalan, yang membuat penulis menyesal karena ceroboh. Dan hal itulah salah satu
alasan penulis berhenti berjualan pulsa.
Memang betul, dalam menjalani sebuah
bisnis butuh ketekunan dalam menjalankannya, termasuk juga kita harus turun
tangan dalam arti memantau keadaan bisnis yang kita jalani tersebut agar kita
bisa mengetahui situasi dan kondisi. Terlebih juga kita harus mengerti
keinginan pasar dalam masyarakat, agar usaha yang kita jalankan dapat berjalan
dengan lancar.
Jatuh bangun dalam sebuah bisnis memang hal
yang wajar, kita hanya perlu untuk terus bangun dan pantang menyerah. Karena
setiap kita terjatuh, kita belajar kembali untuk berkarya yang lebih baik agar
konsumen semakin menambah minat dalam bisnis yang kita jalani.
Berdoa juga termasuk hal yang wajib bagi kita manusia,
agar usaha yang kita jalani dengan positif dapat direstui oleh Tuhan Yang Maha
Esa.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual
barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dari
analisis diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa menjalankan suatu bisnis itu
tidak mudah kita harus memahami terlebih dahulu apa saja komponen-komponen yang
ada di dalam bisnis. Sehingga kita tidak mengalami kerugian atau gulung tikar
dari usaha yang kita jalankan. Dan penulis berharap agar pada saat menjalani
bisnis, bukan lada yang menjadi utama namun kualitas yang diberikan kepada
konsumen yang lebih diutamakan, karena kepuasan dari konsumen merupakan suatu
keutungan bagi kita yang menjalani bisnis tersebut.
3.2 Saran dan
Kritik
Adapun saran yang penulis berikan kepada pembaca,
diantaranya :
§ Para pembaca
dapat lebih memahami dan memaknai pentingnya belajar bisnis
§ Bagi generasi muda, khususnya
mahasiswa mulailah berbisnis dari hati dan secara tekun
§ Dalam melakukan atau menjalankan
bisnis bagi pemula kita dapat bertanya kepada pembisnis atau pengusaha yang
sudah sukses dalam dunia bisnisnya.
Demikianlah makalah mengenai bisnis yang dapat penulis
sampaikan, penulis berharap kepada pembaca agar dapat memberikan penulis
kritikan maupun masukkan yang positif demi penyempurnaan makalah ini. Semoga
makalah ini memberikan faedah bagi kita semua.
DAFTAR PUSTAKA
Widyatmini.1996.DiktatPengantarBisnis.Gunadarma:Jakarta.
DH Basu Swastha DR.1998.PengantarBisnisModern.Liberty:Yogyakarta.
Solihin
Ismail.2006.PengantarBisnis.PrenadaMedia:Jakarta.
Zamroni M.2009.Buku Kantong Ekonomi IPS.Pustaka
Widyatama:Yogyakarta.
terimakasih sangat bermanfaat blognya
BalasHapusMy blog
blog nya sangat membantu...
BalasHapusMy blog
blog ini sangat membantu
BalasHapushttps://businesct.hatenablog.com/ kak tolong mampir ya kak
BalasHapusWow, disini juga ada lo kak http://motorcts.npage.de/motor.html.
BalasHapusTerima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat banget.
BalasHapusoh ya saya juga ada informasi lhoo, kalau mau cari model batik couple bisa kunjungi batikcouplesurakarta.com
koleksi batik couple kondangan terbaru cukup lengkap
kalo model bisnis ini http://bit.ly/39Iw3N0 kedepan prospeknya gimana ya kak? banyak banget yang coba model bisnis seperti ini, jagu ragu nih
BalasHapusSebagai seorang Akuntan Publik, saya telah merekomendasikan klien kepada Tn. Pedro selama bertahun-tahun dengan hasil yang luar biasa. Baru-baru ini saya berkesempatan menggunakan jasanya untuk pinjaman rumah saya, dan sekarang saya tahu mengapa klien saya selalu senang! Dia teliti, tepat waktu, ramah, dan yang terpenting berpengetahuan luas. Saya pasti akan merekomendasikannya untuk waktu yang lama kepada siapa pun yang mencari pinjaman, silakan hubungi Tn. Pedro dan perusahaan pendanaannya, Tn. Pedro adalah petugas pinjaman yang bekerja dengan investor terkemuka yang siap mendanai segala jenis proyek asalkan Anda bersedia melakukan pengembalian dana seperti yang dijanjikan. Berikut adalah informasi kontak Tn. Pedro” pedroloanss@gmail.com WhatsApp +393510140339 .
BalasHapus