Tugas SIA Financial Technology (Fintech)



Tugas Sistem Informasi Akuntansi
Financial Technology (Fintech)


Universitas Gunadarma


Nama : Vincensia Leoni Oktavia
NPM : 27216547
Kelas : 3EB12



1. Pengertian Financial Technology
Fintech berasal dari istilah financial technology atau teknologi finansial. Menurut The National Digital Research Centre (NDRC), fintech merupakan suatu inovasi pada sektor finansial. Tentunya, inovasi finansial ini mendapat sentuhan teknologi modern. Keberadaan fintech diharapkan dapat mendatangkan proses transaksi keuangan yang lebih praktis dan aman.

2. Sejarah Financial Technology
Perkembangan fintech atau financial technology di Indonesia tumbuh sangatlah cepat dan didominasi oleh perusahaan-perusahaan startup. Tentu saja, di zaman serba digital ini, pembaruan dan inovasi teknologi di bidang finansial sangatlah dibutuhkan untuk menfasilitasi dan memudahkan masyarakat dalam mengatur keuangannya. Keberadaan dan perkembangan fintech di Indonesia nyatanya juga didukung oleh pemerintah.
Munculnya istilah fintech  di dunia sebenarnya berawal dari abad 21. Awalnya, istilah fintech digunakan untuk teknologi yang diterapkan pada back-end dari konsumen lembaga keuangan. Tetapi, sejak akhir dekade pertama abad ke-21, istilah ini telah diperluas untuk mencakup inovasi teknologi di sektor keuangan termasuk inovasi dalam pendidikan dan kecerdasan finansial, perbankan ritel, investasi, dan mata uang kripto seperti bitcoin. Pengguna fintech di Indonesia pada tahun 2006 sampai 2007 awalnya hanya sebanyak 7% tetapi setelah terbentuknya Asosiasi Fintech Indonesia (AFI) pada September 2015 menjadi sejarah penting dalam perkembang fintech di Indonesia. Keberadaan AFI mampu menghimpun kurang lebih 30% dari seluruh pengguna fintech di Indonesia. Pengguna fintech kini meningkat menjadi 78% pada tahun 2017 dengan perusahaan sebanyak 135 hingga 140.

3. Jenis-jenis Financial Technology menurut Bank Indonesia:
  • ·         Crowdfunding dan Peer to Peer (P2P) Lending

Jenis dan konsep ini menggunakan bantuan teknologi informasi untuk menghadirkan layanan pinjam meminjam uang dengan mudah, dimana penyedia hanya menyediakan sarana yang memungkinkan pendana dan peminjam untuk melakukan proses pinjam meminjam secara online. Dengan adanya portal pinjaman yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja, perusahaan fintech bisa menjakau peminjam dan investor di seluruh Indonesia. Keduanya memliki kesamaan tapi sebenarnya terdapat perbedaan dalam cara mendapatkannya. Mendapatkan modal dengan model crowdfunding dilakukan dengan cara berkampanye tentang ide dan model bisnis yang ditawarkan. Sedangkan Peer to peer  cocok untuk yang sudah mengalami kemampuan berbisnis minimal 2 tahun.
Contohnya adalah akseleran. Akseleran adalah portal crowdfunding terintegrasi di Indonesia. Portal ini menghubungkan startup, usaha tahap awaldan UKM yang membutuhkan modal untuk memulai atau mengembangkan usahanya dengan orang-orang yang mempunyai dana untuk diinvestasikan pada usaha-usaha tersebut, dalam bentuk pinjaman maupun ekuitas atau saham.
  • ·         Market Aggregator

Market Aggregator adalah portal yang mengumpulkan dan mengoleksi data finansial dari berbagai berbagai penyedia untuk disajikan kepada pengguna. Contohnya CekAja.com merupakan salah satu situs dari 10 situs terpopuler se-Indonesia yang menyediakan jasa market aggregator ini. Berdiri sejak 2013, CekAja.com merupakan sebuah portal keuangan yang memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan dalam mengambil keputusan finansial.
  • ·         Risk and Investment Manage[A1] ment

Klasifikasi dan jenis ketiga ini merupakan jenis fintech yang berfungsi sebagai perencana keuangan dalam bentuk digital. Dimana pengguna tidak perlu lagi menghubungi pihak perencana keuangan namun hanya perlu membuka aplikasi di smartphone dan mengisi data-data terkait rencana keuangan yang sesuai kebutuhan.
  • ·         Payment, Settlement, and Clearing

Portal pembayaran ini bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses pembayaran atau transaksi via online. Contohnya adalah Doku dan SyarQ.


4. Meta Analisis Jurnal mengenai Financial Technology

Nama
Tahun
Variabel
Metode
Hasil
Faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna layanan GO-PAY pada pelanggan maupun pengemudi GO-JEK
2018
Variabel Dependen dan Variabel Independen
Metode Kuisioner
·         Variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dikalangan pelanggan.
·         Variabel manfaat berpengaruh pada pelanggan pengguna Go-Pay.
·         Variabel Kemudahan berpengaruh signifikan dalam memberi kemudahaan pengguna Go-Pay
·         Variabel kelemahan tidak terlalu berpengaruh dalam menurunkan minat pelanggan dalam menggunakan Go-Pay.
Crowdfunding sebagai Alternatif Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur
2017
Variabel Dependen
Metode Deskriptif dan Studi Literatur
Hasil yang didapat menyatakan  bahwa 6 platform crowfunding memiliki kapitalisasi yang cukup besar. 5 dari 6 platform merupakan platform berbasis pinjaman yang dikenal dengan P2P dan menghasilkan bahwa Crowdfunding bisa menjadi alternatif dalam pembiayaan infrastruktur pembangunan di Indonesia.
Financial Technology, Regulasi dan Adaptasi Perbankan di Indonesia
2018
Variabel Dependen dan Variabel Independen
Metode Primer dan Metode Sekunder
·         Inovasi disrupsi memunculkan fintech pada industri jasa keuangan bukan fenomena yang harus ditakuti dan dijauhi tapi merupakan fenomena yang harus di rangkul untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesejahteraan ekonomi.
·         Sebagai regulator, OJK menerbitkan fintech sebagai alternatif pendanaan selain bank, pasar modal dan perusahaan start-up yang menggarap bisnis fintech.
·         Beberapa bank di Indonesia sedang dan akan melakukan pembenahan karena adanya fenomena fintech. Contohnya bank mandiri yang tidak menganggap fintech sebagai ancaman melainkan ikut berkolaborasi dengan pelaku fintech.
Analisis Kepuasan Penerimaan Penggunaan Akhir Sistem Branch Delivery System (BDS) Menggunakan End User Computing Satisfication (EUCS) dan ISO/IEC pada Perusahaan Bank Indonesia
2018
Variabel Independen dan Variabel Dependen
Metode Kombinasi (Pendekatan Kualitatif dan Pendekatan Kuantitatif)
PT. XYZ melakukan inovasi layanan operasional dengan menciptakan sistem TCR yang dibuat pada tahun 2014. Hasilnya bahwa TCR dirasa mampu menjawab permasalahan yang terjadi meskipun pengguna sistem kerap kali mengalami kelalaian sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan-kesalahan kecil seperti kesalahan menginput data.
Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Financial Technology (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016)
2017
Variabel Dependen dan Variabel Independen
Metode Kepustakaan dan Metode Primer
Adanya hubungan hukum para pihak peminjam dengan POJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang layanan pinajm meminjam uang berbasis teknologi informasi yang timbul karena adanya perjanjian.



DAFTAR PUSTAKA



Inggrid. 2014. Sektor Keuangan dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 8, No 1, Maret 2014.

Silvia, C. C. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengunaan Layanaan GO-PAY Pada Pelanggan maupun Pengemudi GO-JEK. Jurnal.  Jurusan Akuntansi , hal 28-41.

Alvani, A. A. 2018. Financial Technology, Regulasi dan Adaptasi Perbankan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 3, No 1, 2018, hal 1-14.

Ramon, A. D, Frederick, S. P. 2018. Analisis Kepuasan Penerimaan Penggunaan Akhir Sistem Branch Delivery System (BDS) Menggunakan End User Computing Satisfication (EUCS) dan ISO/IEC pada Perusahaan Bank Indonesia. Jurnal. Jurnal Sistem Informasi Indonesia Vol 3, No 1, 2018, hal 1-14.

Salahuddin, R. A, Wisudanto. 2017. Crowdfunding sebagai Alternatif Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur. Jurnal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Airlangga; Surabaya.

Santi,Ernama, Budiharto, Hendro, S. 2017. Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Financial Technology (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016). Jurnal. Jurnal Ilmu Hukum Diponooro Vol 6, No 3, 2017, hal 1-20.

 [A1]en

Komentar


  1. Thanks infonya, menarik banget. Oiya, ngomongin fintech P2P Lending, banyak deh orang yang nanya tentang Kayak gimana sih masa depan P2P Lending itu? Apa bakal makin besar atau malah nggak bakal maju-maju? Untuk lebih jelasnya, temen-temen bisa liat di sini: prospek peer to peer lending

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Bisnis Online Shop Marketing (Pengantar Bisnis tugas 2)

Makalah Pengantar Bisnis

Tugas 1 (makalah kelompok 7. Perencanaan dan pengembangan karier)