Penulisan Minat dan Bakat (Tugas Softkill)

Penulisan Minat dan Bakat
Untuk Mata Kuliah Ekonomi Koperasi (Softkill)

Oleh
Vincensia Leoni Oktavia
2EB12/ 27216547


            Membahas tentang minat dan bakat adalah berkaitan dengan mengulik talenta yang setiap manusia miliki, terutama setiap talenta yang kita miliki berbeda-beda dan yang pasti memiliki ciri khas masing-masing.

            Terutama saya pribadi memiliki minat terhadap menulis suatu cerita yang lebih mengarah pada kisah-kisah remaja, minat ini dimulai saat saya menginjak kelas 2 SMP saat saya sedang membaca suatu novel yang ada di perpustakaan sekolah. Dari sana, saya mulai membaca beberapa jenis novel yang bertemakan teenlit dan fantasi.

            Seiring berkembangnya waktu, minat saya menjadi penulis novel yang tentu saja berkualitas dalam memberikan cerita kepada masyarakat. Dan hal itu saya kembangkan dengan mengikuti ekstrakulikuler majalah sekolah saat SMA.

            Dalam penerbitan majalah tersebut, ada beberapa cerita pendek serta puisi saya yang diterbitkan dan mendapat respon bagus dari pembaca majalah saat di SMA. Dan saya juga pernah mengikuti workshop penulisan puisi yang dibina langsung oleh ahlinya yang dibimbing oleh pihak sekolah, dan tentu saja saya senang saat puisi saya dibacakan oleh sang ahli saat mengadakan workshop sebagai 10 puisi terbaik yang diikuti oleh lebih dari 50 peserta workshop. Hal itu membawa kebanggaan tersendiri dan membuat saya semangat dalam mengembangkan bakat dan minat saya dalam menulis.

            Memang, kunci agar menghasilkan tulisan yang berkualitas haruslah dengan rajin membaca dan mencari referensi dari berbagai buku terutama megerti setiap tanda baca yang benar menurut Bahasa Indonesia yang baik. Menulis dan membaca adalah suatu bakat dan minat yang saya syukuri, kedua minat itu membuat saya menjalani kehidupan dengan baik karena dengan membaca dan menulis, tentu saja saya merasa senang dan terbawa suasana. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang malas dalam membaca dan menulis terhadap suatu buku, padahal hal itu membawa manfaat yang besar dalam menambah wawasan.

            Untuk sekarang, saya mengembangkan bakat saya dalam menulis dengan menerbitkan cerita berseri di salah satu aplikasi sosial yang tentunya berhubungan dengan berbagai cerita. Aplikasi tersebut dibuat untuk membantu setiap orang yang memiliki minat dalam membaca dan menulis menyalurkan bakat. Dan bagi penulis yang masa belajar, hal itu membawa dampak yang baik. Dan cerita yang dibagikan-pun di kategorikan berdasarkan jenis umur.


            Sekarang cerita yang saya buat dan bagikan telah dibaca oleh beberapa orang yang memiliki respon baik pada cerita yang saya buat. Dan saya juga sering menerima untuk membuatkan teman-teman saya dalam menuangkan ide dalam pembuatan cerita serta membuatkan puisi bahkan cerita. Hal itu saya sambut dengan tangan terbuka dan senang hati.
            Dan yang lebih pentingnya, bakat dan minat saya di dukung oleh keluarga yang membantu saya dalam memberikan semangat dalam terus mengembangkan minat saya. Sekarang, saya sedang menyelesaikan cerita yang berupa novel untuk saya ajukan pada salah satu penerbit buku di Indonesia. Dan saya berharap bahwa cerita saya mendapatkan jalan untuk segera diterbitkan menjadi sebuah buku berupa novel.
            Semoga dengan tulisan yang saya bagikan ini, membawa semangat bagi pembaca untuk terus menggali dan mengembangkan bakat dan minat yang pembaca punya. Dan jangan menyerah jika minat dan bakat ini belum membuahkan hasil, teruslah asah tanpa henti, pasti, usaha tidak akan menghianati hasil.
Terima-kasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Bisnis Online Shop Marketing (Pengantar Bisnis tugas 2)

Makalah Pengantar Bisnis

Tugas 1 (makalah kelompok 7. Perencanaan dan pengembangan karier)